Ahmad, Arya Atho’illah (2023) ANALISIS LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER DENGAN MODEL THE SEVEN PILLARS PADA TEMU KEMBALI INFORMASI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Text
Skripsi_Arya.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna melihat tentang tingkat literasi informasi pemustaka di perpustakaan UIN KH Achmad Shiddiq Jember dengan model the seven pillars pada temu kembali informasi. Penelitian ini memakai teknik jenis kuantitatif deskriptif. Objek penelitian berupa tingkat literasi informasi pemustaka pada temu kembali informasi dengan model the seven pillars. Sampel didapatkan dari rumus
perhitungan Isaac dan Michael yakni 64 responden. Untuk sampling menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan 7 sub variabel berdasar dari model the seven pillars yaitu Present, Identify, Plan, Gather, Evaluate, Scope, dan Manage. Skala penelitian memakai pengukuran skala likert (4 jawaban). Metode pemerolehan data penelitian ini yakni Angket, Observasi,
Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data memakai rumus mean dan grandmean. Hasil dari grandmean seluruh sub-variabel didapatkan nilai mean 3,02 dengan interval 2,51 hingga 3,25 yang tergolong “Baik”. Nilai sub variabel terendah terdapat pada Manage dengan grandmean sebesar 2,96 yang masuk dalam
kategori “baik”. Nilai sub-variabel tertinggi terdapat pada Scope dengan grandmean sebesar 3,08 dengan kategori “Baik”. Sesuai hasil penelitian, diperlukan peningkatan dalam sub-variabel Manage supaya tingkat literasi informasi pemustaka pada temu kembali informasi bisa lebih tinggi lagi.
Kata Kunci: Literasi Informasi, Model The Seven Pillars, Temu Kembali Informasi, Perpustakaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Depositing User: | Mr Roni Subhan |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27587 |
Actions (login required)
View Item |