PENGARUH KESULITAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA BIMA AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Susanti, Susi (2023) PENGARUH KESULITAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA BIMA AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SUSI SUSANTI_T20198118.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya beberapa siswa yang mengalami
kesulitan dalam belajar, hal itu dilihat dari hasil belajarnya sehingga keaktifan begitu
penting karena siswa yang memiliki keaktifan belajar akan memberikan hasil belajar yang
maksimal dibandingkan dengan siswa yang tidak aktif didalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk 1) mendeskripsikan kesulitan belajar biologi
siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023, 2)
Mendeskripsikan keaktifan belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu
Jember tahun pelajaran 2022/2023, 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas XI
IPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023, 4) Mengetahui pengaruh
kesulitan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu Jember
tahun pelajaran 2022/2023, 5) Mengetahui pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023, 6)
Mengetahui pengaruh kesulitan dan keaktifan belajar secara simultan terhadap hasil belajar
biologi siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif yang
dilakukan di SMA BIMA Ambulu Jember. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA
yang berjumlah 150. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin didapat 110
siswa. Tetapi dalam penelitian sampel yang digunakan yaitu 121 siswa yang terdiri dari
kelas XI IPA 1, IPA 2, IPA 4, dan IPA 5, dengan menggunakan teknik Cluster random
sampling. Kelas uji coba yang digunakan merupakan selain sampel yaitu kelas XI IPA 3.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta analisis data menggunakan analisis
regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kesulitan Belajar siswa kelas XI IPA
di SMA BIMA Ambulu Jember dengan kategori sangat tinggi 3%, tinggi 45%, sedang 45%,
rendah 6%, dan sangat rendah 1%. 2) Keaktifan Belajar siswa kelas XI IPA di SMA BIMA
Ambulu Jember dengan kategori sangat tinggi 2 %, tinggi 51%, sedang 37%, rendah 8%,
dan sangat rendah 2%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu
Jember berupa Penilaian Akhir Semester (PAS) menyatakan dengan kategori sangat tinggi
84%, kategori tinggi 15%, dan kategori sedang 1%. 4) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan kesulitan belajar terhadap hasil belajar
biologi siswa kelas XI IPA di SMA BIMA Ambulu Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai
thitung -2,904 yang artinya lebih kecil dari ttabel 1,980, dan taraf signifikansi lebih kecil dari
0,05 yaitu sebesar 0,004. 5) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan keaktifan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI
IPA di SMA BIMA Ambulu Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 3,835 yang
artinya lebih besar dari ttabel 1,980, dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar
0,000. 6) Berdasarkan uji f menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Kesulitan dan keaktifan belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi
siswa dengan nilai Fhitung sebesar 36,594 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,920 dengan sig.
0,000 lebih kecil dari 0,05.

Kata Kunci : Kesulitan, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Susi Susanti
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:37
Last Modified: 28 Nov 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29846

Actions (login required)

View Item View Item