Megantara, Achmad (2023) STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA USAHA PEMBUATAN BOX SPEAKER "YUDHA CUSTOM" DIDESA KARANG KEDAWUNG,KECAMATAN MUMBULSARI, KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Achmad Megantara Putra _E20192429.pdf Download (5MB) |
Abstract
Achmad Megantara Putra, Sofiah, M.E. 2023: Strategi Pemasaran Melalui
Media Sosial Pada Usaha Pembuatan Box Speaker “Yudha Custom” Di Desa
Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Media Sosial, Box Speaker
Usaha pembuatan box speaker “Yudha Custom” merupakan usaha yang yang
bergerak di bidang pembuatan box speaker, dimana box speaker tersebut juga
bagian dari benda elektronik yakni audio sound system atau benda yang dapat
menyalurkan suara dengan volume yang lebih besar, dengan memanfaatkan media
sosial seperti Facebook maupun Youtube sebagai sarana untuk mempromosikan
produknya, usaha pembuatan box spaeker “Yudha Custom” yang bisa dikatakan
baru berdiri beberpa tahun yang lalu sudah mengalami perkembangan serta
peningkatan pemesanan pada tiap tahunnya.
Fokus penelitian pada skripsi ini diantaranya : 1. Bagaimana strategi
pemasaran yang dilakukan dalam usaha pembuatan box speaker “Yudha
Custom”. 2. Bagaimana usaha pembuatan box speaker “Yudha Custom”
memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasarannya.
Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan
kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka dengan menggunakan penelitian
deskriptif kualitatif peneliti dapat mendeskripsikan atau menggambarkan secara
sistematis fakta dan fenomena mengenai strategi pemasaran melalui media sosial
pada usaha pembuatan box spekaer “Yudha Custom”.
Hasil penelitian yang dilakukan pada “Yudha Custom” terdapat dua hal,
diantaranya : 1. Usaha pembuatan box speaker “Yudha Custom” yang semakin
tahun mengalami peningkatan dalam penjualan menunjukkan bahwa usaha
pembuatan box speaker ini merupakan salah satu usaha yang cukup prospek, dan
dapat memberikan dampak yang positif salah satunya dapat membuka lapangan
pekerjaan baru di wilayah tersebut. 2. Media sosial yang tidak terbatas oleh jarak
dan bisa diakses oleh siapapun tentu apabila diterapkan dalam pemasaran atau
pengenalan suatu produk akan membawa dampak yang baik bagi produk tersebut.
Seperti halnya “Yudha Custom” yang saat ini produknya sudah dikenal oleh
masyarakat luas bukan hanya di Kabupaten Jember saja, namun sudah mulai
menjangkau luas di daerah lain bahkan hingga antar pulau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Bapak Achmad Megantara |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 07:10 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30764 |
Actions (login required)
View Item |