PERAN BURUH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA DAWUHAN WETAN KECAMATAN ROWOKANGKUNG KABUPATEN LUMAJANG (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRY ENDUT BAKERY)

Nayyiroh, Zaymatun (2023) PERAN BURUH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA DAWUHAN WETAN KECAMATAN ROWOKANGKUNG KABUPATEN LUMAJANG (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRY ENDUT BAKERY). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAYMATUN NAYYIROH _D20192020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zaymatun Nayyiroh, 2023: Peran Buruh Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang (Studi Kasus di Home Industri Endut Bakery)

Kata Kunci: Peran, Buruh Perempuan, Kesejahteraan Keluarga, Home Industri

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perempuan yang bekerja di home industry Endut Bakery ini berperan sebagai penyumbang pendapatan bagi keluarganya. Sumbangan pendapatan buruh perempuan tersebut merupakan bentuk kontribusi penting bagi keluarga, karena dapat meringankan beban suami.
Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatkan perekonomian keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara agar dapat membantu suaminya dalam hal materi, salah satunya adalah dengan memberdayakan perempuan dalam meningkatkan perekonomian dengan melalui home industry.

Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu:
1). Bagaimana peran buruh perempuan di home industry Endut Bakery dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang?
2). Dampak home industry Endut Bakery terhadap buruh perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Dawuhan Wetan kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang?

Tujuan penelitiannya yaitu:
1). Untuk mengetahui peran buruh perempuan di home industry Endut Bakery dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang.
2). Untuk mengetahui dampak home industry terhadap buruh perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Dawuhan Wetan kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif Milles & Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahapan pra-lapangan, tahapan pelaksanaan penelitian dan tahapan penyelesaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1). Peran buruh perempuan di home industry Endut Bakery yaitu dapat menambah pendapatan atau income bagi keluarganya, membantu pendidikan bagi anaknya, dan terpenuhinya kesehatan bagi keluarganya.
2) Dampak dari home industry Endut Bakery memiliki dampak positif dan juga negatif. Dampak positifnya yaitu perempuan lebih kreatif dan lebih mandiri, dan juga terbangunnya rasa saling pengertian antara keluarga. Sedangkan dampak negatifnya hanya kurangnya waktu berkumpul bersama keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Zaymatun Nayyiroh
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:32
Last Modified: 27 Dec 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30769

Actions (login required)

View Item View Item