Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Sinta, Fitrianing Tyas (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SINTA FITRIANING TYAS_T20189052-1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPSHasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 5 Banyuwangi masih dalam kategori rendah. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan oleh guru yang kurang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Maka diperlukan upaya perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri. Strategi pembelajaran Inkuiri dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPS sehingga hasil belajar siswa meningkat.Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran IPS melalui implementasi strategi pembelajaran inkuiri di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis deskriptif presentase, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Proses pembelajaran Inkuiri menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dilakukan sebanyak tiga siklus, setiap siklusnya ada dua pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. 2) peningkatan hasil belajar siswa pada tahap prasiklus yang nilai rata-ratanya sebesar 65, kemudian pada tahap siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68 dan siklus II sebesar 75 dan meningkat pada siklus III sebesar 85. Begitu juga hasil persentase siswa yang berhasil setiap siklusnya juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data nilai mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 65 atau sebanyak 3 siswa yang tuntas. Hasil presentase nilai pada siklus I mencapai 23,80% atau 5 siswa yang tuntas, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 52,38% atau 11 siswa yang tuntas dari 21 siswa, dan yang terakhir siklus III meningkat menjadi 90,48% atau 19 siswa yang tuntas. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 5 banyuwangi dengan menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri telah mencapai peningkatan atau ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Ms Sinta Fitrianing Tyas
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:13
Last Modified: 29 Dec 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item