Kendala Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN KIAI HAJI SIDDIQ JEMBER 2022/2023

Nurmala sari, Eka (2023) Kendala Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN KIAI HAJI SIDDIQ JEMBER 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FIX SKRIPSI EKA MALA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eka Nurmala Sari, 2023. Kendala Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER Tahun 2022/2023.

Kata Kunci: Kendala Penyelesaian Skripsi

Kendala penyelesaian skripsi adalah suatu faktor atau halangan yang menghambat dalam penyelesaian mengerjakan skripsi baik sesuatu itu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja yang mengakibatkan tidak terselesaikannya skripsi yang mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam mengerjakan skripsi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab keterlambatan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi)? 2) Bagaimana upaya Prodi Pendidikan Agama Islam dalam membantu mahasiswa akhir untuk menyelesaikan keterlambatan penyelesaian tugas akhir?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan faktor kendala kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa.2) Untuk mendeskripsikan upaya apa yang dilakukan Prodi Pendidikan Agama Islam dalam membantu mahasiswa akhir untuk menyelesaikan kendala penyelesaian skripsi dalam penyelesaian tugas akhir skripsi.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dalam bentuk fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles dan Huberman dan Johny Saldana, keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dari Kendala Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER menunjukan bahwa faktor penyebab mahasiswa Pendidikan Agama Islam terlambat menyelesaikan skripsi yaitu: banyaknya mahasiswa yang tidak bisa membagi waktu bermain, beroganisasi dan bekerja sehingga mahasiswa tidak bisa mengatur dan membagi waktu antara belajar dan waktu bekerja sehingga mengakibatkan mahasiswa kelelahan, malas dan mengabaikan tugas kuliah dikarenakan mahasiswa lebih mementingkan kegiatan diluar perkuliahan. Adapun upaya yang dilakukan Prodi dalam membantu mahasiswa salah satunya yaitu: Memberi waktu luang kepada mahasiswa, memberi saran dan motivasi , menyediakan fasilitas yang cukup bagi mahasiswa ,dan terakhir menyediakan sebuah aplikasi salami yang mempermudah mahasiswa dalam pembuatan surat-surat guna keperluhan dalam mengerjakan skripsi yang memudahkan mahasiswa tampa perlu datang di kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170108 Kaupapa Maori Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Nurmala Sari
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:55
Last Modified: 11 Jan 2024 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31946

Actions (login required)

View Item View Item