PENGARUH MOTIVASIENTREPRENEURIAL CREATIVITY DAN BUSINESS INNOVATION TERHADAP MINAT MAHASISWA GENERASI Z BERBISNIS STARTUP DI KABUPATEN JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Fasilkom Universitas Jember)

Dwi Puspitasari, Intan (2024) PENGARUH MOTIVASIENTREPRENEURIAL CREATIVITY DAN BUSINESS INNOVATION TERHADAP MINAT MAHASISWA GENERASI Z BERBISNIS STARTUP DI KABUPATEN JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Fasilkom Universitas Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-131-ES-2024)
INTAN DWI PUSPITASARI-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan tekhnologi dan informasi menjadi salah satu penyebab munculnya ide-ide kreatif dalam pengembangan bisnis salah satunya adalah bisnis startup. Startup merupakan sebuah bisnis model baru yang menggunakan tekhnologi dalam pengoperasiannya. Menurut MIKTI jumlah generasi Z
mendominasi rata-rata jumlah karyawan bisnis startup dengan total 49,60% dan
founder sebanyak 15,20% dengan rincian 80,80% karyawan dan 53,10%
merupakan lulusan S1.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1. Apakah motivasi
berpengaruh terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di Kabupaten
Jember? 2. Apakah entrepreneurial creativity berpengaruh terhadap minat
mahasiswa generasi z berbisnis startup di Kabupaten Jember? 3. Apakah business
innovation berpengaruh terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di
Kabupaten Jember? 4. Apakah motivasi, entrepreneurial creativity dan business
innovation berpengaruh terhadap minat mahasiswa generasi Z berbisnis startup di
Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui pengaruh motivasi
terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di Kabupaten Jember 2.
Untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial creativity terhadap minat mahasiswa
generasi z berbisnis startup di Kabupaten Jember 3. Untuk mengetahui pengaruh
business innovation terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di
Kabupaten Jember 4. Untuk mengetahui pengaruh motivasi, entrepreneurial
creativity dan business innovation terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis
startup di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data diolah
dengan software SPSS versi 17. Populasi yang digunakan pada penelitian ini
adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember sebanyak
1.603 orang dengan sampel yang digunakan sejumlah 102 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi
linear berganda dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan
pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi tidak berpengaruh
terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di Kabupaten Jember,
tetapi variabel entrepreneurial creativity dan business innovation berpengaruh
terhadap minat mahasiswa generasi z berbisnis startup di Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Motivasi; Entrepreneurial Creativity ; Business Innovation ; Minat
Bisnis ; Startup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Depositing User: Intan Dwi Intan Dwi Puspitasari
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:56
Last Modified: 19 Jul 2024 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32402

Actions (login required)

View Item View Item