Problematika Penerapan Insya' Muwajjahah Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTsN 1 Probolinggo

Yusron, Mohammad Adib (2024) Problematika Penerapan Insya' Muwajjahah Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTsN 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-PBA-2024)
Skripsi Adib Fixs.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Metode Insya’ Muwajjahah merupakan suatu cara yang diterapkan dalam pembelajaran maharah kitabah guna melatih siswa dalam membuat karangan berbahasa Arab sesuai arahan yang diberikan oleh guru dengan memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang ada. Namun dari hasil penelitian lapangan, kemampuan mengarang tulisan bahasa Arab pada siswa khususnya kelas VIII masih kurang. Terdapat banyak dari siswa yang belum memahami praktik menulis maupun mengarang berbahasa Arab dengan baik dan benar. Untuk mengatasi masalah itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih inten mengenai problematika pada penerapan metode Insya’ muwajjahah tersebut agar dapat ditemukannya sebuah upaya solutif kedepannya.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Apa saja problematika penerapan metode Insya’ muwajjahah dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas VIII MTsN 1 Probolinggo? 2) Bagaimana solusi bagi problematika penerapan metode Insya’ muwajjahah dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas VIII MTsN 1 Probolinggo?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan apa saja yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran maharah kitabah dengan menggunakan metode Insya’ muwajjahah, 2) Menemukan upaya-upaya yang solutif bagi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran maharah kitabah dengan menggunakan metode Insya’ muwajjahah. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif (studi kasus). Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Problematika penerapan metode Insya’ Muwajjhah dalam pembelajaran mahrah kitabah ini sangat beragam, mulai dari problematika linguistik yang meliputi aspek sintaksis dan morfologi, ashwat ‘arabiyah, tulisan, serta gramatikal. Dan juga problematika non linguistik diantaranya, aspek guru, siswa, waktu, penerapan metode, serta media pembelajaran. Banyak upaya yang perlu dilakukan demi kesusksesan dan kelancaran proses pembelajaran. Diantara upaya solutif yang perlu dilakukan pihak sekolah maupun guru yaitu : 1) Penggalakan muatan lokal, 2) Pengembangan keterampilan mengajar yang dimiliki guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Skripsi Adib Yusron
Date Deposited: 13 May 2024 08:11
Last Modified: 04 Jul 2024 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32589

Actions (login required)

View Item View Item