Implementasi Quality Assurance Dalam Mengembangkan Mutu Stakeholder Di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember

Junita, Siti (2024) Implementasi Quality Assurance Dalam Mengembangkan Mutu Stakeholder Di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Tesis Pascasarjana MPI UIN KHAS Jember)
SITI JUNITA_223206010011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Junita, 2024. Implementasi Quality Assurance Dalam Mengembangkan Mutu Stakeholder di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember. Pembimbing 1: Dr. Zainuddin Al Haj Zaini, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, M.Pd.I.
Kata Kunci: Quality Assurance, Stakholder, Guru, Orang Tua, Siswa

Seiring berjalannya zaman, paradigma masyarakat yang sudah terpelajar tidak lagi mempermasalahkan biaya pendidikan, namun melihat penjaminan mutu yang akan didapatkan ketika anaknya menempuh di Lembaga Pendidikan. Tujuan pendidikan di sekolah akan tercapai bila semua komponen internal maupun eskternal sekolah berpartisipasi aktif dalam program Pendidikan sekolah, seperti guru, kepala sekolah dan orang tua. Maka dari itu, Lembaga Pendidikan melakukan perbaikan dan pengembangan secara terus menerus dalam mengoptimalkan peran pemangku kepentingan (stakeholder) dan menyusun strategi baru terkait penjaminan mutu.

Fokus penelitian ini terdiri dari 1) Bagaimana perencanaan dalam mengembangkan Mutu Stakeholder di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember, 2) Bagaimana pengembangan Mutu Stakeholder di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember, 3) Bagaimana pengendalian dalam Mengembangkan Mutu Stakeholder di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pengembangan pengendalian mengembangkan Mengembangkan Mutu Stakeholder di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab Jember,.

Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber, member check dan focus group discussion.

Hasil penelitian meliputi 1) perencanaan dalam mengembangkan mutu staekeholder diantaranya penentuan visi, misi dan tujuan lembaga, identifikasi kebutuhan melalui penerapan konsep trilogi peningkatan mutu yang meliputi guru, siswa dan orang tua, mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya serta pengembangan produk dan sistem IDN dan buku cendekia, 2) pengembangan mutu stakeholder diantaranya dengan meningkatkan mutu guru dengan KKG, MGMP dan pelatihan rutin, mutu orang tua dilakukan dengan kegiatan parenting, sosialisasi program dan deteksi kecerdasan dini, serta mutu siswa dengan pengembangan ekstrakurikuler, ko-kurikuler dan intrakurikuler. 3) pengendalian meliputi Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang dilaksanakan setiap semester, dan perbandingan dan tindak lanjut melalui rapat hari Sabtu untuk evaluasi program kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email sitijunita16@gmail.com
Date Deposited: 29 May 2024 06:51
Last Modified: 29 May 2024 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32823

Actions (login required)

View Item View Item