Manajemen Pemasaran Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember

Zawawi, M. Ilmil (2024) Manajemen Pemasaran Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BARU LENGKAP M.ILMI ZAWAWI WATERMARK.pdf

Download (7MB)

Abstract

M. Ilmil Zawawi, 2024. Manajemen Pemasaran Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc., M.Pd.I Pembimbing II: Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran Pendidikan, Pondok Pesantren
Persaingan dalam pemasaran lembaga pendidikan semakin tidak terelakkan lagi, karena menuntut lembaga agar selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan, memberikan kepuasan, memiliki keunggulan, serta menjaga eksistensinya melalui komponen pemasaran yaitu segmentasi, targeting, dan positioning. Sedangkan pesantren yang memiliki peran dan tanggung jawab terhadap moral generasi anak bangsa pendidikannya diselenggarakan melalui jalur formal dan non formal.
Fokus penelitian ini 1) Bagaimana segmentasi manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember, 2) Bagaimana targeting manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember, 3) Bagaimana positioning manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan segmentasi, targeting, dan positioning manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil kesimpulan penelitian ini 1) Segmentasi manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul 1 Jember dimulai dari pemetaan lembaga formal dan non formal secara geografis, demografis, dan psikografis. Dengan menawarkan program unggulan dan pesantren, serta dikelompokkan sesuai tes peminatan dan Sensing, Thingking, Intuinting, filing (STIFin) dan Program Abdi Masyarakat (PAM), Nuris Student Exchange Prgram (NSEP), dan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB). 2) Targeting manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember dimulai dari program wajib mondok, target semua kalangan dengan menawarkan varian harga dan beasiswa, program Nuris Exchelent Camp (NEC), Nuris Aswaja Camp (NAC), serta pelayanan servis gratis di Wilayah Keresidenan Besuki. 3) Positioning manajemen pemasaran pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam 1 Jember memosisikan sebagai haluan ASWAJA, dengan segudang prestasi akademik dan non akademik, jaminan hafal Al-Quran 30 Juz serta dididik menjadi sastrawan dan branding lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: M. Ilmil Zawawi
Date Deposited: 30 May 2024 02:48
Last Modified: 30 May 2024 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item