Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Quran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Mawidha, Rahma Fajr (2024) Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Quran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (TS-028-PAI-2024)
TESIS RAHMA FAJR MAWIDHA 223206030042 (PASCA).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Mawidha, Rahma Fajr. 2024. Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Quran Hadist Di MAN 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Pembimbing I: Dr. H. St. Rodliyah, M. Pd. Pembimbing II: Dr. H. Moh Sahlan M. Ag.

Kata Kunci : Literasi Digital, Literasi Informasi, Hasil Belajar, Al Quran Hadist.

Kemajuan dan perkembangan pesat teknologi infomasi pada abad 21 membawa fenomena di era disrupsi. Di era ini banyak perubahan yang dirasakan bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia yang tidak hanya pada wajah media dan industri saja namun merambah kepada berbuahnya cara kita berkomunikasi.
Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024? 2) Adakah pengaruh literasi informasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024? 3) Adakah pengaruh literasi digital dan literasi informasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneltian survei. Populasi dalam penelitian ini menggunakan berjumlah 178 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Proportional random sampling yaitu kelas X A dengan jumlah 34, XB, XC, XD, XE berjumlah 36 siswa dalam satu kelas dengan menggunakan teknik slavin dan proportional sampling dengan hasil 123 sampel. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik kuisioner/angket dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 2 yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linieritas, homogenitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas, terlebih dahulu. Kemudian uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda, Uji T dan uji F.
Adapun hasil peneltian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran Al Quran Hadis. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,374 ≥ 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi. Terdapat pengaruh literasi informasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Al Quran Hadis. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh literasi informasi terhadap hasil belajar Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi. Terdapat pengaruh antara literasi digital dan literasi informasi secara simultan/bersama-sama mempengaruhi hasi belajar Al Quran Hadis di MAN 2 Banyuwangi. Pada perhitungan didapatkan hasil Fhitung yaitu 447,133; maka setelah itu dikonsultasikan dengan nilai Ftabel pada taraf hitung signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol Ho yang peneliti ajukan ditolak, sedangkan secara otomatis hipotesis alternatif Ha dinyatakan diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200525 Literary Theory
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Fajr Mawidha
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:37
Last Modified: 30 Aug 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32988

Actions (login required)

View Item View Item