Fitrahana, Syafira Eka (2024) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kopi Robusta Di Perusahaan Umum Daerah Perkebunan Kahyangan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-119-ES-2024)
Skripsi Watermark Syafira.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Syafira Eka Fitrahana, Toton Fanshurna, 2024 : Analisis Strategi Bauran
Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kopi Robusta Di Perusahaan
Umum Daerah Perkebunan Kahyangan Jember.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, 4P
Pada era globalisasi saat ini yang sudah banyak perkembangan dalam
kegiatan ekonomi dan memunculkan persaingan yang hebat dalam dunia bisnis.
Perusahaan juga perlu memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan
penjualannya. Bauran Pemasaran merupakan sekumpulan strategi yang taktis dan
digunakan oleh perusahaan yang memiliki 4 variabel yaitu Product (Produk),
Price (Harga), Place(Tempat) dan Promotion (Promosi).
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi bauran
pemasaran 4P (price, price, place, promotion) dalam meningkatkan penjualan di
Perumda Perkebunan Kahyangan Jember?. 2) Apa faktor pendukung dan
penghambat pada strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion)
di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi
Bauran Pemasaran dapat meningkatkan penjualan kopi. 2) Untuk mengetahui
hambatan dan dukungan yang dihadapi ketika strategi pemasaran berlangsung.
Pendeketan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk mendapatkan sumber informasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan strategi bauran pemasaran yang
dilakukan oleh Unit Usaha Lain di bawah naungan Perumda Perkebunan
Kahyangan Jember ini dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan 4
variabel yang ada di Bauran pemasaran yaitu Product (Produk) yang
menghasilkan kualtas produk yang baik, Price (Harga) yang memiliki harga
terjangkau dan dapat dijangkau oleh banyak khalayak pembeli, Place(Tempat)
memiliki lokasi yang strategis dan mudah di akses karena lokasi yang berada
dipinggir jalan raya dan Promotion (Promosi) dengan memanfaatkan media sosial.
Dengan mengunggulkan produk yang berkualitas namun memiliki harga yang
terjangkau serta lokasi yang strategis dan dibantu oleh promosi untuk
mempermudah perkenalan produk dan pembelian konsumen. Dan memiliki
hambatan dibagian promosi karena tidak adanya tim khusus dalam
melangsungkan kegiatan promosi dan memiliki faktor pendukung yang dinaungi
langsung dari Pemerintah Kabupaten Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Analisis S Syafira Eka Fitrahana |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 06:47 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33287 |
Actions (login required)
View Item |