Analisis Transformasi Mustahik Menjadi Muzakki Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Ternak Desa Sejahtera di Nurul Hayat Jember

Rosyidi, Dafid (2024) Analisis Transformasi Mustahik Menjadi Muzakki Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Ternak Desa Sejahtera di Nurul Hayat Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Tesis Pascasarjana 2024)
DAFID ROSYIDI - watermak.pdf

Download (5MB)

Abstract

Zakat merupakan instrumen yang penting dalam perekonomian Indonesia yang dijadikan sebagai sistem yang berpotensi untuk mensejahterakan ekonomi umat. Potensi Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) di Indonesia sangat tinggi, mengingat mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam. Potensi zakat di Indonesia sangat besar, yaitu mencapai Rp327 triliun pertahun. Lembaga Amil Zakat saat ini yang bermunculan ditengah-tengah masyarakat salah satunya adalah Yayasan Nurul Hayat. Nurul Hayat Jember sangat banyak berkontribusi melalui program-programnya, diantaranya pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dakwah dan layanan masyarakat.

Penelitian ini berfokus pada transformasi mustahik menjadi muzakki melalui program pemberdayaan ekonomi ternak desa sejahtera dan bagaimana kondisi ekonomi mustahik sebelum dan sesudah menjalani program pemberdayaan ekonomi ternak desa sejahtera di Nurul Hayat Jember.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses transformasi mustahik menjadi muzakki melalui program pemberdayaan ekonomi dan mendeskripsikan implementasi program pemberdayaan ekonomi dan untuk mengetahui kondisi ekonomi Mustahik sebelum dan sesudah menjalani program pemberdayaan ekonomi ternak desa sejahtera di Nurul Hayat Jember.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Proses transformasi berlangsung melalui tahapan-tahapan yang melibatkan perubahan persepsi, sikap, dan pola pikir. Konsep pemberdayaan ekonomi serta transformasi sosial dan ekonomi yang terjadi merupakan refleksi dari perubahan historis kondisi mustahik. (2) Program pemberdayaan ekonomi ternak berhasil menciptakan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kondisi ekonomi, kesejahteraan dan kemandirian mustahik. Dampak positif ini mencakup peningkatan kesejahteraan ekonomi, inklusi sosial, pembangunan komunitas dan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Dafid Rosyidi
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:26
Last Modified: 21 Jun 2024 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33443

Actions (login required)

View Item View Item