Pembelajaran Kitab At-Tadzhib Fi Adillatii Matni Al Ghayati Wa At-Taqrib Dalam Mengakomodasi Hukum Fikih Pada Santri Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember

Syahrin, Achmad Waffiq Alfi (2024) Pembelajaran Kitab At-Tadzhib Fi Adillatii Matni Al Ghayati Wa At-Taqrib Dalam Mengakomodasi Hukum Fikih Pada Santri Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW TESIS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kitab At-Tadzhib Fi Adillati Matan Al-Ghoyati Wa At-Taqrib, Mengakomodasi Hukum Fikih.

Aktivitas pembelajaran sangat terikat dengan proses pencarian ilmu. Aktivitas ini sangat penting untuk dilaksankan dalam kehidupan manusia, karena manusia mengembangkan pengetahuan dan memperbaiki kehidupannya melalui pembelajaran dan belajar. Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamien menuntut umatnya untuk selalu melakukan pendidikan dengan belajar. Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam menganut madzhab Imam Syafi’ie. Hal ini dikarenakan agama Islam yang pertama kali masuk adalah isam bermadzhab Syafi’ie sehingga mayoritas dakwah penyebaran Islam di Indonesia adalah Islam bermadzhab Syafi’ie. maka sudah seharusnya penekanan pembelajaran pendidikan agama Islam berada pada madzhab imam Syafi’ie. salah satu contohnya yakni pembelajaran kitab At-Tadzhib fi Adillati Matan Al-Ghoyati Wa At-Taqib, kitab yang mengajarkan hukum Fikih menurut imam Syafi’ie.
Fokus dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung?, 2) Bagaimana metode pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Perolehan data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian proses analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles Huberman, keabsahan data akan dilakukan dengan tiga langkah, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan mengadakan membercheck
Hasil penelitian ini yaitu 1) Strategi pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung menggunakan strategi secara langsung 2) metode pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung menggunakan metode weton/sorogan, ceramah, dan tanya jawab 3) evaluasi pembelajaran kitab at-tadzhib fi adillati matan al-ghoyati wa at-taqrib dalam mengakomodasi hukum fikih pada santri PP. As-Shofa Jubung dua macam tes yakni tes formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Achmad Waffiq Alfi Syahrin
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:11
Last Modified: 20 Jun 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item View Item