Hubungan Antara Ketidakpuasan pada Tubuh terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Peserta Didik Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 1 Purwosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayunda, Silvia Muzayanah (2024) Hubungan Antara Ketidakpuasan pada Tubuh terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Peserta Didik Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 1 Purwosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AYUNDA SILVIA MUZAYANAH_D20195068.pdf

Download (13MB)

Abstract

SMKN 1 Purwosari terletak di kecamatan Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memiliki empat kompetensi keahlian: perhotelan, tata boga, multimedia, dan teknik audio video. Pada jurusan perhotelan, peserta didik dituntut memiliki Kesejahteraan psikologis yang baik untuk menghadapi tamu, menerima komplain, dan permintaan dengan senyuman. Namun, banyak peserta didik di jurusan ini masih memiliki Kesejahteraan psikologis yang rendah, ditandai dengan sikap keras kepala dan anti kritik, yang menyebabkan masalah saat magang di hotel. Selain itu, peserta didik sering merasa kurang percaya diri dengan penampilan fisik mereka, yang dikenal sebagai Ketidakpuasan pada tubuh.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah terdapat hubungan antara Ketidakpuasan pada tubuh dengan Kesejahteraan psikologis pada peserta didik Jurusan Perhotelan yang memasuki usia remaja di SMKN 1 Purwosari Gunung Kidul Yogyakarta .”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara Ketidakpuasan pada tubuh dan Kesejahteraan psikologis pada peserta didik jurusan perhotelan di SMK Negeri 1 Purwosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengkaji hubungan antara Ketidakpuasan pada tubuh dengan Kesejahteraan psikologis pada peserta didik jurusan perhotelan SMKN 1 Purwosari. Data diambil dengan teknik Purposive sampling dengan sampel berjumlah 128 siswa terdiri dari 65 peserta didik laki-laki dan 63 peserta didik perempuan dari kelas X XI dan XII. Analisis data menggunakan korelasi pearson.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara Ketidakpuasan pada tubuh dengan Kesejahteraan psikologis dengan r = -0.410 dan p = 0,000 < p = 0,05. Hal ini menunjukkan faktor Ketidakpuasan pada tubuh menyumbang 41% pada tingkat Kesejahteraan psikologis. Ketika Ketidakpuasan pada tubuh peserta didik tinggi maka kesejahteraaan psikologis peserta didik rendah dan sebaliknya jika ketidakpuasan pada tubuh peserta didik rendah maka kesejahteraan psikologis siswa tinggi. Sedangkan 59% karena adanya faktor lain yang tidak di teliti seperti social comparition, syukur dan memaafkan, religiusitas dan kecerdasan emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ayunda Silvia Muzayanah
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:11
Last Modified: 26 Jun 2024 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34150

Actions (login required)

View Item View Item