Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur'an Dengan Kecerdasan Spritual Santri Tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa'at Putri 1 Blokagung Banyuwangi

bilqis zakiya, Malika (2024) Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur'an Dengan Kecerdasan Spritual Santri Tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa'at Putri 1 Blokagung Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur'an Dengan Kecerdasan Spiritual Santri Tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa'at Putri 1 Blokagung Banyuwangi_ Malika Bilqis Zakiya 201103050006.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK
Malika Bilqis Zakiya: Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual Santri Tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Putri 1 Blokagung Banyuwangi
Kata Kuci: Aktivitas Menghafal Al-Qur’an,kecerdasan spiritual, santri tahfidz
Aktivitas menghafal merupakan usaha untul mengingat ayat - ayat Al-Qur’an secara rinci, sehingga menjadi rangkaian hafalan yang sempurna. Dalam proses hafalan tentunya tidak mudah banyak halangan, pantangan untuk para penghafal. Aktivitas menghafal Al-Qur’an secara tidak langsung mengantarkan para penghafal meimiliki kecerdasan spiritual, kedekatan dengan Al-Qur’an membuat para hafidz lebih dekat dengan Allah. Para hafidzah merasakan sebuah perubahan baik dari segi ibadah, perilaku ketika sudah melakukan progam Tahfidzul Qur’an. Para hafidzah menganggap bahwa kedekata dengan Allah dan juga perubahan perilaku sangat berbeda keitika belum mengikuti progam Tafidzul Qur’an.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual santri tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya interaksi diantara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual pada anak-anak santri tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Putri 1 berlokasi di Blokagung Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif yang berfokus pada korelasi. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian menggunkan teknik sampling total dengan jumblah responden 45 santri Tahfidzul Qur’an. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik product moment pearson dengan bantuan aplikasi analisis data SPSS versi 26.0 for Windons.
Untuk mendapatkan data yang valid dalam penelitian ini, peneliti menggunkan metode penyebaran kuesioner kepada santri tahfidz Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Putri 1 Blokagung Banyuwangi secara langsung.
Hasil dari teknik analisis pearson product moment menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,000 dengan perbandingan nilai pedoman uji hipotesis < 0,05, oleh karena itu kedua variabel aktivittas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual dinyatakan berhubungan, dikarenakan Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai Pearson Correlation sebesar 0.652 menandakan hubungan cukup kuat antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual. Hasil ini menunjukan semakin tingginya aktivitas menghafal Al-Qur’an, semakin tingginya aktivitas menghafal Al-Qur’an, semakin rendah juga kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms Malika bilqis zakiya
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:41
Last Modified: 27 Jun 2024 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34220

Actions (login required)

View Item View Item