Peran Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak(LKSA) Siti Fatimah Dalam Memberikan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

Surya, Alivia Rizki (2024) Peran Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak(LKSA) Siti Fatimah Dalam Memberikan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Surya Alivia Rizki_201103020005.pdf

Download (28MB)

Abstract

Kata kunci: Anak Yatim, Anak Terlantar dan Dhuafa, Lembaga Kesejahteraan
Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah, Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Peran.
Pelayanan kesejahteraan terhadap anak merupakan upaya pemberdayaan
dalam memberikan perlindungan terhadap kualitas kehidupan anak. Bentuk
pemberdayaan berupa pelayanan kesejahteraan pada anak di Lembaga
Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah Kecamatan Pandaan Kabupaten
Pasuruan dengan program kegiatan pemberdayaan berupa pelayanan
kesejahteraan, tujuannya untuk memberikan pengarahan, pembinaan, dan
perlindungan. Program ini dibentuk karena banyaknya anak yang terlantar, putus sekolah, remaja punk, anak bekerja sebagai pengamen, pengemis. Latar belakang anak-anak tersebut adalah karena keluarga dan orang tua tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya, orang tua yang mengalami perceraian, lingkungan masyarakat yang kurang mendukung dalam segi ekonomi, orang tua yang sudah meninggal, sehingga anak-anak tersebut membutuhkan kesejahteraan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah.
Fokus penelitian: bagaimana peran Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak
(LKSA) Siti Fatimah dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial terhadap
anak di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan? Kemudian apasaja faktor hambatan dan faktor pendukung Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial terhadap anak di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan?
Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peran Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial terhadap anak di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Kemudian untuk mengetahui faktor pendukung Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Siti Fatimah dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial terhadap anak di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Tahapan-tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian.
Hasil penelitian menujukan bahwa: peran Lembaga Kesejahteraan Sosial
Anak (LKSA) Siti Fatimah dalam memberdayakan anak melalui pelayanan
kesejahteraan berupa peran fasilitator, peran motivator, peran mediator dan peran dinamisator. Peran fasilitator adalah kemampuan seseorang untuk melakukan perubahan sosial sesuai dengan kesepakatan bersama melalui kegiatan program pemberdayaan berupa: program pembinaan dalam bidang Pendidikan, program pembinaan dalam bidang sosial, program pembinaan dalam bidang keterampilan, pembinaan dalam bidang bidang kerohanian dan program dalam kegiatan koperasi yang berbentuk kewirausahaan. Peran motivator adalah kemampuan seseorang dalam memberikan dorongan dan dukungan pada kegiatan pemberdayaan dan meningkatkan kesadaran pada hambatan masalah yang terjadi, seperti: memberikan motivasi kepada anak sebelum melakukan kegiatan pemberdayaan dalam program pendidikan dan keterampilan. Peran mediator adalah kemampuan seseorang dalam memberikan evaluasi pada perencanaan dalam kegiatan pemberdayaan, seperti: melakukan evaluasi terhadap anak kemudian hasil dari evaluasi tersebut dilakukan kegiatan sosialisasi kepada orang tua atau wali orang tua untuk mengetahui perkembangan anak di dalam LKSA Siti Fatimah dan peran dinamisator adalah kemampuan seseorang dalam memaksimalkan suatu proses kegiatan pemberdayaan dengan mengawasi kegiatan yang ada, seperti: fasilitator memilih untuk tinggal bersama anak dalam satu wadah lembaga dengan tujuan lebih muda mengawasi kegiatan pemberdayaan, kemudian terdapat faktor pendukung berupa sarana dan prasana, dukungan masyarakat pada lingkungan sekitar, donatur dan motivasi pemimpin dalam diri sendiri. Faktor penghambat berupa kepribadian pada anak, rendahnya kesadaran masyarakat dan faktor dana yang tidak optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Surya Alivia Rizki
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:34
Last Modified: 28 Jun 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34673

Actions (login required)

View Item View Item