Sistem Informasi Akuntansi Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan Cicil Emas (Cilem) Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada

Meisari, Indah (2024) Sistem Informasi Akuntansi Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan Cicil Emas (Cilem) Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-036-AKSYA-2024)
INDAH MEISARI_204105030063_SKRIPSI WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Indah Meisari, Agung Parmono, 2024: Sistem Informasi Akuntansi Akad Murabahah pada Produk Pembiayaan Cicil Emas (Cilem) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi Akad Murabahah, Pembiayaan Cicil Emas (Cilem)
Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang bertujuan untuk memproses data dan transaksi guna menghasikan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis dan untuk mengumpulkan data memproses data serta melaporkan informasi yang berkaiatan dengan transaksi keuangan. Memproses transaksi yang dimaksud bisa berupa mencatat aktivitas pembiayan cicilan. Salah satu produk yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah produk pembiayaan cicil emas (cilem). Produk pembiayaan cicil emas (cilem) adalah suatu sistem yang berkaitan dengan pembayaran angsuran atau cicilan dengan menggunakan akad murabahah. Fenomena yang banyak terjadi pada sebagian masyarakat yaitu masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti begitu pentingnya produk pembiayaan cicilan emas untuk masa depan mereka, akan tetapi untuk saat ini sebagian besar masyarakat banyak yang sudah bergabung dalam produk pembiayaan cicil emas (cilem). Maka dalam hal ini peneliti mengkaji lebih dalam terkait Sistem Informasi Akuntansi Akad Murabahah pada Produk Pembiayaan Cicil Emas (Emas) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem informasi pada produk pembiayaan cicil emas (cilem) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada?, bagaimana sistem informasi akad murabahah pada produk pembiayaan cicil emas (cilem) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada?. Tujuan penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui sistem informasi pada produk pembiayaan cicil emas (cilem) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada, dan yang kedua untuk mengetahui sistem informasi akad murabahah pada produk pembiayaan cicil emas (cilem) pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokuemntasi. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan purposive. Analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendistribusian produk pembiayaan cicil emas (cilem), dengan sistem pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada ini dapat mempermudah masyarakat untuk menabung dengan cara mencicil emas tentunya untuk masa depan yang cerah. (2) Sistem informasi akuntansi akad murabahah sangat berpengaruh terhadap masyarakat di Indonesia, karena dengan menggunakan akad murabahah masyarakat lebih mudah mengerti dan faham dengan aturan yang sudah ditetapkan di Bank Syariah Indonesua KCP Jember Gajah Mada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Indah Meisari
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:24
Last Modified: 10 Jul 2024 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item View Item