Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Di MA Sayyidul Quro Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Salim, Agus (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Di MA Sayyidul Quro Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH new.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Agus Salim, 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Tesis Program Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr.H.Mundir, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Sarwan, M.Pd.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Fiqih.

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru berbasis kompetensi yang lebih berpusat pada siswa. Penerapan kurikulum merdeka dilakukan secara bertahap dan tidak dilaksanakan secara serentak atau massif tergantung dari kesiapan masing-masing sekolah tanpa adanya pemaksaan.
Fokus Penelitian Ini adalah 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E tentang Konsep Fikih dalam Islam? 2) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E Kewajiban Penyelenggaraan Kewajiban Janazah? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah 1 ) Untuk Menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E Konsep Fiqih dalam Islam. 2) Untuk Menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E Kewajiban Penyelenggaran Janazah.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transfermabilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E Tentang Konsep Fikih dalam Islam di MA Sayyidul Quro pada tahun ajaran 2023/2024 melalui 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dengan Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah menyiapkan Modul Ajar dan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes formatif dan tes sumatif. 2) implementasi kurikulum merdeka belajar pada Fase E Tentang Kewajiban Penyelenggaraan Jenazah di MA Sayyidul Quro pada tahun ajaran 2023/2024 melalui 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dengan Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah menyiapkan Modul Ajar dan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes formatif dan tes sumatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr agus salim
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:30
Last Modified: 01 Jul 2024 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item