Model Pembelajaran Self Directed Learning Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember

ANAM, MOH NURUL (2024) Model Pembelajaran Self Directed Learning Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (TS-55-PAI_2024)
TESIS - MOH. NURUL ANAM - 223206030037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Moh. Nurul Anam, 2024 “Model Pembelajaran Self Directed Learning dalam pengembangan motivasi belajar dan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember” Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. H. Saihan. S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Self Directed Learning, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam.
Self Directed Learning merupakan sebagai suatu proses dimana seseorang memiliki inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi sumber-sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajarnya sendiri
Fokus penelitian ini terdiri dari 1) Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Self Directed Learning dalam pengembangan Motivasi belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember.2) bagaimana Implikasi Model pembelajaran Self Directed Learning dalam pengembangan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Teknik menentukan subjek dengan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber, member check
Hasil penelitian yang didapatkan meliputi 1) Implementasi Model Self Directed Learning dalam pengembangan motivasi belajar dan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember: Model Self Directed Learning mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan dikasih motivasi intrinsik dan berikan stimulus sebuah pertanyaan yang dapat memberikan efek timbal balik 2) Implikasi Self Directed Learning dalam pengembangan motivasi belajar dan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Kalisat Jember: Model Self Directed Learning memberikan dampak yang positif dalam pengembangan motivasi belajar serta kemampuan, pemecahan masalah kreatif, dan refleksi diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Mo. Nurul Anam
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:28
Last Modified: 30 Aug 2024 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item View Item