Kusuma, Vikri Natasya Ayu (2024) Manajemen Strategi Promosi Personal Selling Untuk Menarik Minat Peserta Didik di Sekolah Menengah Juruan Akbar Gunungsari-Umbulsari. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-040-MPI-2024)
VIKRI NATASYA AYU KUSUMA_202101030068_MPI 2024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Vikri Natasya Ayu Kusuma, 2024: “Manajemen Strategi Promosi Personal
Selling Untuk Menarik Minat Peserta Didik di SMK Akbar Gunungsari-
Umbulsari”.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Promosi, Personal Selling
Pendidikan saat ini menghadapi persaingan yang ketat antar sekolah untuk
menarik perhatian dan kepercayaan masyarakat dalam mendapatkan peserta didik baru. Hal itu dikarenakan anak zaman sekarang lebih selektif, dibuktikan dengan rendahnya minat calon peserta didik pada sekolah swasta. Salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mempertahankan eksistensinya adalah merumuskan strategi promosi personal selling, yaitu strategi untuk memasarkan sekolah dengan cara sosialisasi ke sekolah dan rumah-rumah calon peserta didik dengan menyampaikan berbagai program unggulan yang dimiliki sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anak nya ke sekolah tersebut.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perumusan strategi
promosi personal selling untuk menarik minat peserta didik di SMK Akbar
Umbulsari? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi promosi personal selling untuk
menarik minat peserta didik di SMK Akbar Umbulsari? 3) Bagaimana evaluasi
strategi promosi personal selling untuk menarik minat peserta didik di SMK
Akbar Umbulsari?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perumusan
strategi promosi personal selling untuk menarik minat peserta didik di SMK
Akbar Umbulsari, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi promosi
personal selling untuk menarik minat peserta didik di SMK Akbar Umbulsari, 3)
Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi promosi personal selling untuk menarik
minat peserta didik di SMK Akbar Umbulsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya melalui
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa: (1) Perumusan strategi promosi
yang dilaksanakan di SMK Akbar dengan cara mengidentifikasi faktor eksternal
dan internal lembaga, menentukan strategi unggul dengan program gratis, dan
melakukan rapat pembentukan panitia serta penentuan lokasi promosi (2)
Pelaksanaan strategi promosi personal selling pada SMK Akbar yaitu
mengidentifikasi calon peserta didik, melakukan pendekatan dengan calon peserta didik serta menyampaikan profil dan keunggulan sekolah, membuka sesi tanya jawab pada saat promosi, penutupan dengan cara memberikan angket pilihan sekolah kepada calon peserta didik dan langkah yang terakhir yaitu melakukan tindak lanjut dengan melakukan promosi door to door atau pemberian seragam serta pengisian formulir (3) evaluasi melakukan rapat untuk memonitor seluruh kegiatan, mengukur kinerja individu dan mengambil perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Vikri Natasya Ayu Kusuma |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 06:13 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 06:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34859 |
Actions (login required)
View Item |