Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan OKY Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi

Qur'ani, Iga Permata (2024) Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan OKY Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI UTAMA IGA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Iga Permata Qur’ani,. H. Saihan, 2024: Startegi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan OKY di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi.
Kata kunci: strategi pemasaran, usaha mikro kecil menengah (UMKM), camilan OKY.
Strategi pemasaran merupakan suatu upaya memasarkan suatu produk, baik dalam bentuk barang maupun jasa dengan menggunakan cara atau strategi tertentu dengan tujuan meningkatkan jumlah penjualan. Semakin beragamnya teknik serta inovasi produk yang bermunculan mengharuskan perusahaan semakin kompetitif baik dalam hal menjaga kualitas produk, peningkatan mutu pelayanan, serta meningkatkan volume penjualan, salah satu cara untuk meningkatkan jumlah penjualan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Apa saja kendala yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Camilan OKY di Desa sumbersari Kabupaten Banyuwangi dalam pemasaran produknya? 2) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Camilan OKY di Desa Sumbersari kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan penjualan produk?.
Tujuan penelitian yang dilakukan ialah 1) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Camilan OKY di Desa Sumbersari Kabupaten Banyuwangi dalam pemasaran produknya. 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Camilan OKY di Desa Sumbersari Kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan penjualan produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dengan tujuan agar peneliti dapat melakukan pendekatan secara langsung di lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Kendala dari segi pemasaran yang masih dilakukan secara tradisional yakni mulut ke mulut. Jika dilihat dari segi kemampuan marketing akan menciptakan kepercayaan yang besar antara produk dengan konsumen, namun untuk pengenalan produk pada jangkauan pasar yang lebih luas dirasa cukup sulit pada era serba digital seperti sekarang mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan media sosial dalam kegiatan jual beli. 2) 1) Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produk Camilan OKY yakni dengan memasarkan produknya melalui toko – toko di sekitar daerah Banyuwangi dan juga Jember, camilan OKUY juga bersedia memberikan penawaran berupa potongan harga bagi konsumen yang bersedia menjadi seles dari produk camilan OKY, senantiasa memastikan ketersediaan stok produk, dengan menjaga kualitas produk, serta senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: IGA PERMATA QUR'ANI QUR'ANI
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:00
Last Modified: 02 Jul 2024 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35063

Actions (login required)

View Item View Item