Eksistensi aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah di era digital pada Bank BRI cabang Jember

Alfaridah, Hannah (2024) Eksistensi aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah di era digital pada Bank BRI cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hannah Alfaridah_E20191059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi BRI mobile atau BRImo adalah sebuah aplikasi dimana dapat memudahkan segala transaksi keuangan yang dilakukan oleh para nasabahnya terutama di era digital seperti saat ini hanya dengan melalui jaringan internet tanpa perlu melakukan transaksi menggunakan mesin, atau kartu ATM.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana eksistensi aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah di era digital pada Bank BRI Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana kendala aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah di era digital?
Tujuan penelitian yang diteliti pada skripsi in adalah: 1) Untuk mengetahui eksistensi aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah diera digital. 2) Agar mengetahui kendala apa saja yang terjadi pada aplikasi BRImo dalam meningkatkan loyalitas nasabah di era digital.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive dengan mempertimbangkan informan yang dipilih dianggap sesuai dengan permasalah yang diteliti dan dianggap mengetahui informasi yang terkait. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini, meliputi: 1) Eksistensi aplikasi BRImo memiliki beberapa faktor yang berbeda dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Hal ini dapat dilihat dari faktor geografis dan faktor usia setiap nasabahnya. Perkembangan teknologi yang cukup signifikan ternyata memiliki sebab akibat disetiap individunya. Namun, rupanya hal itu tidak menjadi permasalahan yang besar, sebab para nasabah yang tidak memakai BRImo pun tetap memilih dan setia kepada BRI, sehingga, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya aplikasi BRImo memang dapat meningkatkan loyalitas nasabah, tetapi meskipun dengan tidak adanya BRImo pun nasabah akan tetap loyal kepada BRI. 2) Kendala-kendala yang terjadi karena eror masih menjadi masalah internal antara BRI dan para nasabah. Terlepas dari hal itu, BRI Kantor Cabang Jember juga selalu berupaya untuk mengedukasi nasabah terkait fitur yang ada pada BRImo. Namun, dalam hal cyber crime, perbankan sendiri hanya bisa untuk terus menghimbau para nasabah dengan cara mengedukasi mereka guna untuk berhati-hati dalam mengamankan masing-masing akun mereka, sebab hal ini sudah diluar ranah perbankan.

Keywords: loyalitas nasabah, brimo, digitalisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Hannah Alfaridah
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:10
Last Modified: 02 Jul 2024 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35150

Actions (login required)

View Item View Item