Model Marketing Home Industry Manik-Manik di Elisa Rainbow Jember

Wafa, Ali (2024) Model Marketing Home Industry Manik-Manik di Elisa Rainbow Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALIWEFA _NIM.201105020011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Usaha home industri saat ini menjadi kegiatan wirausaha yang banyak
digemari masyarakat khususnya ibu rumah tangga. Industri rumah tangga
merupakan operasi ekonomi produktif yang berdiri dan beroperasi sendiri yang
dilakukan oleh perorangan atau korporasi, bukan cabang industri atau anak
perusahaan, menjadi bagian secara langsung atau tidak langsung dari perusahaan
menengah besar, dan memenuhi kriteria usaha kecil dalam pengertian hukum.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana model marketing home industry
manik-manik di Elisa Rainbow Jember?. 2) Bagaimana penerapan model
marketing home industry manik-manik di Elisa Rainbow Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui model marketing home
industry manik-manik di Elisa Rainbow Jember. 2) Untuk mengetahui penerapan
model marketing home industry manik-manik di Elisa Rainbow Jember.
Pendeketan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk mendapatkan sumber informasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan model marketing yang dilakukan
oleh home industry manik-manik di Elisa Rainbow Jember meliputi pemasaran
domestik (lokal & interlokal) dan mancanegara (internasional). Penerapan
pemasaran secara domestik dilakukan secara langsung meliputi telemarketing,
perantara, personal selling, dan tidak langsung diantaranya media sosial, market
place. Sedangkan pemasaran mancanegara dilakukan secara tidak langsung yang
meliputi: ekspor melalui perantara, dan media sosial. Penerapan model marketting
Home industry manik- manik di Elisa Rainbow Jember merujuk pada kerangka
marketing bauran pemasaran 4P yaitu produk, harga, lokasi dan promosi.
Pemasaran domestik dalam strategi produk yang digunakan yaitu dengan kualitas
terbaik dan biaya terjangkau. Selanjutnya pada strategi harga yaitu harga yang
cukup terjangkau meskipun menyesuaikan dengan harga pasar. Kemudian pada
strategi lokasi Elisa Rainbow memiliki lokasi outlet yang cukup strategis dan bisa
dijangkau oleh calon pembeli. Dan selanjutnya pada bagian strategi promosi
menggunakan media sosial dan mengikuti event-event.Sedangkan pemasaran
mancanegara dalam strategi produk yang digunakan yaitu model yang lebih
beragam dan kualitas terbaik. Dan pada strategi harga yaitu harga yang relatif
lebih tinggi atau mahal. Serta pada bagian strategi promosi menggunakan media
sosial. Kemudian pada strategi lokasi Elisa Rainbow memiliki lokasi outlet
jangkauan internasional.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, 4P

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mr Ali Wefa
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:32
Last Modified: 03 Jul 2024 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35266

Actions (login required)

View Item View Item