Implementasi Pembelajaran Media Plastisin Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Firda Ayu, Cahyaningtyas (2024) Implementasi Pembelajaran Media Plastisin Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-021-PIAUD-2024)
SKRIPSI FIRDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Firda Ayu Cahyaningtyas, 2024: Pembelajaran Peningkatan Kognitif Anak
Melalui Media Bermain Plastisin Di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun
Ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Media Plastisin, Kognitif
Media Plastisin merupakan suatu media yang terbuat dari tepung, minyak,
garam, pewarna makanan dan air sehingga sangat mudah digunakan karena
plastisin adalah barang lunak yang dapat diremas-remas, dipipihkan, ditarik-tarik,
ditekan-tekan, gulung-gulung dan bisa dibentuk sesuai dengan imajinasi dan
keinginan anak. Perkembangan kognitif itu sendiri adalah perubahan yang terjadi
dalam berpikir, kecerdasan dan bahasa anak untuk memberikan alasan sehingga
anak dapat mengingat, menyusun strategi secara kreatif, berpikir bagaimana cara
dapat memecahkan masalah.
Fokus penelitian terbagi menjadi tiga yaitu: 1) bagaimana perencanaan
pembelajaran media plastisin untuk meningkatkan kognitif anak pada kelompok
B1 di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) bagaimana
pelaksanaan pembelajaran media plastisin untuk meningkatkan kognitif anak pada
kelompok B1 di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3)
bagaimana evaluasi pembelajaran media plastisin untuk meningkatkan kognitif
anak pada kelompok B1 di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran
2023/2024.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan perencanaan kegiatan
pembelajaran media plastisin untuk meningkatkan kognitif anak pada kelompok
B1 di TK Al-Amin Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran media plastisin untuk
meningkatkan kognitif anak pada kelompok B1 di TK Al-Amin Sumbersari
Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3) mendeskripsikan evaluasi kegiatan
pembelajaran media plastisin pada kelompok B1 di TK Al-Amin Sumbersari
Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yakni
menganalisis pembelajaran media plastisin untuk meningkatkan kognitif anak di
TK Al-Amin Sumbersari Jember.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Saat memulai
perencanaan pembelajaran, guru menyusun RPPM dan RPPH, di awal semester.
2) Pelaksanaan penerapan kognitif anak melalui media bermain plastisin dimulai
dari kegiatan awal atau kegiatan pembuka, kemudian kegiatan inti, dan yang
terakhir kegiatan penutup. 3) Evaluasi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan
ceklis, (BB) belum berkembang, (MB) mulai berkembang, (BSH) berkembang
sesuai harapan, (BSB) berkembang dengan baik, dan melalui hasil karya, serta
dengan melihat perkembangan yang dicapai di setiap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email firdacahyaningtyas30@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:59
Last Modified: 15 Jul 2024 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35357

Actions (login required)

View Item View Item