Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Muncar Banyuwangi

Chanif, Mohamad (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Muncar Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS MOHAMAD CHANIF NIM. 203206030035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Chanif, Mohamad. 2024, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Nilai-nilai Toleransi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Muncar Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Saihan. S.Ag., M.Pd.I Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.

Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai Toleransi

Strategi merupakan usaha guru dalam melaksanakan rencana pembelajaran dan menggunakan berbagai macam komponen pembelajaran, SMP Negeri 3 Muncar Banyuwangi adalah salah satu sekolah yang mempunyai ragam agama. Oleh karena itu, pengembangan nilai toleransi harus dikembangkan agar dari proses pelaksanaanya menghasilkan generasi yang berkualitas.
Fokus Penelitian :1). Bagaimana strategi guru PAI dalam merencanakan nilai-nilai toleransi individu peserta didik?, 2). Bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi perbedaan keyakinan peserta didik?, 3). Bagaimana evaluasi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi kedamaian sara peserta didik?.
Tujuan Penelitian :1). Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi individu peserta didik, 2). Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi perbedaan keyakinan peserta didik, 3). Mendeskripsikan evaluasi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi kedamaian sara peserta didik.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian lapangan field research, Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis teori Matthew B Milles, Huberman dan Saldana, qualitative data analysis dengan penyajian data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, Triangulasi Teknik dan member check.
Hasil penelitian : 1). Strategi guru PAI dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi siswa antar individu, dalam penerapannya dengan memberikan pembelajaran terkait toleransi. Dengan melalui siswa mengerjakan tugas seperti membuat video tentang toleransi. Kemudian siswa mempresentasikan hasil pembuatan video dan diterapkan kepada teman sejawat yang berbeda agama. 2). Dalam perencanaan pengembangan nilai toleransi menerapkan dengan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). dengan tema anti Bullying dengan proyek seperti membuat video penerapan bertoleransi. kemudian dipresentasikan sebagai bukti siswa telah menyelesaikan tugas P5. serta memberikan contoh terhadap sesama teman sejawat dan juga terhadap Masyarakat sekitar. 3). Evaluasi yang dilakukan guru PAI dari hasil dari pengembangan nilai-nilai toleransi dengan saling mengingatkan kepada seluruh siswa yang beragama islam, agama hindu dan yang beragama Kristen. agar selalu untuk menerapkan rasa saling bertoleransi antara sasama siswa. Jangan saling beda membedakan hanya persoalan perbedaan keyakinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Chanif
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:35
Last Modified: 03 Jul 2024 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35366

Actions (login required)

View Item View Item