Pengaruh Branding Image terhadap rekrutmen peserta didik baru di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huda Kota Mojokerto

Karimah, 'Is (2024) Pengaruh Branding Image terhadap rekrutmen peserta didik baru di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huda Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-046-MPI-2024)
'IS KARIMAH-202101030096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Branding Image, Rekrutmen Peserta Didik Baru

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan antar Madrasah Ibtidaiyyah di kota Mojokerto. Dalam era persaingan pendidikan yang semakin ketat, branding image lembaga pendidikan menjadi faktor krusial dalam menarik minat calon peserta didik. Di Kota Mojokerto, terdapat beberapa lembaga pendidikan swasta yang memiliki jumlah siswa yang cukup banyak. Dua diantaranya adalah SDI Plus Al-Azhar dan MI Darul Huda, kedua lembaga pendidikan tersebut sama-sama memiliki program unggulan Tahfidz Al-Qur’an. SDI Plus Al-Azhar dan MI Darul Huda memang memiliki program yang sama akan tetapi MI Darul Huda lebih banyak diminati oleh orang tua daripada SDI Plus Al-Azhar.. Alasan peneliti memilih MI Darul Huda sebagai objek penelitian adalah pertama, meskipun memiliki program unggulan yang sama dengan SDI Plus Al-Azhar akan tetapi peminat yang mendaftar di MI Darul Huda lebih banyak. Kedua, peneliti ingin melihat apa saja branding image yang dilakukan oleh lembaga tersebut sehingga dapat meningkatkan minat orang tua mendaftarkan anaknya ke MI Darul Huda.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh branding image terhadap rekrutmen peserta didik baru di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huda Kota Mojokerto. Dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh atau tidak branding image terhadap rekrutmen peserta didik baru.
Penelitian ini menggunakan mix methods dengan jenis Sequential Explanatory Design dengan data kuantitatif sebagai data utama dan kualitatif sebagai data pendukung. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penyebaran angket kepada wali murid yang berjumlah 53 orang. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh braning image terhadap rekrutmen peserta didikbaru di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huda Kota Mojokerto. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan oleh peneliti menggunakan bantuan SPSS For Windows Ver.23. hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan koefisien determinasi (R Square) sebanyak 0,589 atau sebanyak 58,9%. Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta didik pada saat ini serta kepercayaan masyarakat terhadap Mdarsah Ibtidaiyyah Darul Huda, juga dibuktikan dengan selalu meningkatnya jumlah siswa yang mendaftar baik dari dalam kota maupun luar kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 'Is Karimah
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:19
Last Modified: 04 Jul 2024 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35502

Actions (login required)

View Item View Item