Strategi Promosi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra di Pesantren Al Ishlah Jenggawah Jember

Abdullah, Abdullah (2024) Strategi Promosi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra di Pesantren Al Ishlah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdullah_204101030003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abdullah, 2024: strategi promosi manajemen humas dalam meningkatkan citra pesantren di Al Ishlah Jenggawah Jember.
Kata Kunci: Strategi Promosi, manajemen Humas, Citra Pesantren
Citra pesantren merupakan aset yang sangat penting sebagai bukti keberadaan dan kualitas bagi pesantren untuk menarik minat masyarakat, tentang citra (image) yang ada di dalam benak seseorang untuk menunjukkan kualitas pendidikan sekaligus pencapaian prestasi di pesantren hal itu pelunya strategi promosi humas yang bagus untuk menghasilkan kesan yang positif untuk menarik minat masyarakat dengan menggunakan bentuk strategi promosi.
Fokus penelitian dalam skiripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi promosi manaj. humas dalam meningkatkan citra di pesantren Al Ishlah Jenggawah Jember.? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi promosi humas dalam meningkatkan citra di pesantren Al Ishlah Jenggawah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Obsevasi, dan Dokumentasi. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan 1) Triangulasi Sumber 2) Triangulasi Teknik 3) Tringulasi Waktu.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Perencanaan strategi promosi humas dalam meningkatkan citra yaitu : pertama perencanaan periklanan humas mengadakan rapat dalam membuat brosur, kalender, pamflet dan banner. Kedua perencanaan personal selling yaitu humas mengadakan rapat dalam mengadakan kegiatan tatap muka dengan wali santri. Ketiga sales promotion humas mengadakan rapat terkait bentuk beasiswa dan reward bagi santri. Keempat humas membentuk kelompok guru tugas dan membentuk tim media sosial. 2. Pelaksanaan strategi promosi humas dalam meningkatkan citra yaitu: pertama pelaksanaan periklanan humas menyebarkan brosur, kalender dan pemasangan banner di tempat strategis. Kedua pelaksanaan personal selling humas mengadakan acara pertemuan dengan wali santri diwaktu wisuda kelas akhir dan pengajian akbar PHBI. Ketiga pelaksanaan sales promotion humas memberikan beasiswa bagi santri yang berprestasi dan reward 1 tiket umroh bagi santri yang hafal al qur’an 30 juz. Keempat pelaksanaan public relation yaitu humas mengantarkan guru tugas ke tempat lembaga masing-masing bersama penanggung jawab, dan untuk media sosial mengapload dokumentasi pondok terkait publikasi kegiatan pondok 3. Evaluasi strategi promosi humas dalam meningkatkan citra yaitu: evaluasi periklanan humas mengevaluasi berapa persen santri yang sudah daftar melalui brosur, kalender dan banner. Kedua evaluasi personal selling humas mengadakan rapat terkait kekurangan atau kendala padaa cara. Ketiga evaluasi sales promotion humas mengadakan rapat terkait bentuk sales promotion. Kelima evaluasi public raltion humas mengadakan rapat mengetahui hasil penilaian masyarakat terhadap adanya guru tugas maupun terkait di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdullah Abdullah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:21
Last Modified: 05 Jul 2024 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35786

Actions (login required)

View Item View Item