Internalisasi Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Swasta Shofa Marwa Pakusari Jember

Arman, Arman (2024) Internalisasi Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Swasta Shofa Marwa Pakusari Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-045-TADRIS-IPS-2024)
SKRIPSI ARMAN T20199090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan tahap transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai akhlak dalam pembelajaran IPS. Internalisasi nilai artinya pengakuan adanya nilai-nilai eksternal yang dipandang perlu untuk menjadi milik seseorang. Pentingnya internalisasi nilai, disebabkan karena keyakinan adanya nilai eksternal yang luhur, agung, penting untuk menjadi nilai seseorang atau lembaga. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tahap transformasi nilaiakhlak dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember? (2) bagaimana tahap transaksi nilai akhlak dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember? (3) bagaimana tahap transinternalisasi nilai akhlak dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data dan pembahasan temuan untuk ditarik kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Tahap Transformasi Nilai Akhlak dalam Pembelajaran IPS Kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember pada tahap transformasi nilai akhlak di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember yaitu dengan menyampaikan pesan moral seperti santun terhadap guru dan sesama teman, salam jika bertemu dengan guru dan teman yang kemudian dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari bagaimana seharusnya mereka bersikap kepada guru dan sekitarnya. 2. Tahap Transaksi Nilai Akhlak dalam Pembelajaran IPS Kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember pada tahap transaksi nilai akhlak di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember melalui penyampaian hal-hal yang berkenaan dengan guru, bagaimana guru bersikap, bertutur kata, bersikap agar menjadi figur bagi siswa. Guru sebagai panutan bagi siswa yang harus mempunyai sikap yang baik sebagai teladan, harus mempunyai tutur kata yang baik bagi siswa. Apabila ada guru yang melenceng maka akan dilakukan tindakan sebagai yang menjadi panutan bagi siswa. Pembiasaan sopan santun juga perlu melihat siswa apabila mereka membutuhkan perhatian guru maka guru harus memberikan perhatian selayaknya siswa mendapat perhatian dari orang tuanya. 3. Tahap Transinternalisasi Nilai Akhlak dalam
pembelajaran IPS Kelas VII di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember berdasarkan data yang diperoleh pada tahap transinternalisasi nilai akhlak di SMPS Shofa Marwa Pakusari Jember diterapkan melalui pemberian sanksi yang bersifat edukatif dengan nilai yang di internalisasikan berupa bentuk tanggung jawab salah satunya disiplin.

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai Akhlak, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Spd Arman Arman
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:26
Last Modified: 09 Jul 2024 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36173

Actions (login required)

View Item View Item