Penerapan Strategi Marketing di Aplikasi Jiwa+ Dalam Meningkatkan Penjualan Kedai Kopi Janji Jiwa

Putri, Lisa Dwi (2024) Penerapan Strategi Marketing di Aplikasi Jiwa+ Dalam Meningkatkan Penjualan Kedai Kopi Janji Jiwa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-149-ES-2024)
LISA DWI PUTRI_204105020116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Lisa Dwi Putri, Dr. Nurul Islami Rahayu, S.Sos., M.Si 2024: Penerapan Strategi Marketing Di Aplikasi Jiwa+ Dalam Meningkatkan Penjualan Kedai Kopi Janji Jiwa
Kata Kunci: Strategi Marketing, Digital Marketing, Penjualan
Strategi adalah suatu proses arah penentuan rencana para pemimpin yang berfokus untuk tujuan jangka panjang organisasi, disertai dengan penyusunan suatu cara dan upaya bagaimana supaya tujuan tersebut dapat dicapai. Sedangkan strategi marketing merupakan strategi produk, penetapan harga, distribusi dan promosi dengan menyalurkannya ke pasar sasaran. Digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi. Penjualan merupakan suatu kegiatan transaksi yang dapat dilakukan oleh dua orang atau dua belah pihak dengan menggunakan alat pembayaran yang sah. Penjualan ditujukan untuk mengembangkan berbagai rencana strategis yang dapat di arahkan pada kegiatan usaha memuaskan kebutuhan dan juga keinginan konsumen untuk mendapatkan penjualan yang dapat menghasilkan laba dan keuntungan. Diperlukannya strategi marketing untuk menarik pelanggan menyukai dan membeli produk Kedai Kopi Janji Jiwa yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Fokus penelitian yang peneliti lakukan yaitu bagaimana strategi marketing yang digunakan Kedai Kopi Janji Jiwa di aplikasi Jiwa+?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi marketing yang diterapkan di aplikasi Jiwa+ Kedai Kopi Janji Jiwa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kedai Kopi Janji Jiwa Jalan Letjend Suprapto, No.129 Kabupaten Jember. Teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: 1) Strategi marketing yang digunakan Kedai Kopi Janji Jiwa yaitu 4P, meliputi produk (Product), harga (Price), Tempat (Place), promosi (Promotion). Semua strategi marketing diterapkan pada aplikasi Jiwa+. Tujuan diterapkannya strategi marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan. 2) Selain strategi marketing 4P, Kedai Kopi Janji Jiwa juga menggunakan digital marketing berupa aplikasi Jiwa+ yang digunakan untuk mempromosikan produknya dengan menerapkan strategi harga. Tujuan diterapkannya strategi digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Lisa Dwi Putri
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:09
Last Modified: 19 Jul 2024 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36263

Actions (login required)

View Item View Item