Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di SDN Puger Kulon 01 Jember

Ahmad, Alfarizy (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di SDN Puger Kulon 01 Jember. Masters thesis, UNINKHAS Jember.

[img] Text
Ahmad Alfarizy Aslam-203206030002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Multikulturalisme di Indonesia bersumber pada Undang-Undang Dasar 1945
pasal 28 ayat 1 dan 2 yang menyatakan bahwa bangsa dan masyarakat Indonesia terdiri dari beragam kelompok etnis yang memiliki komitmen untuk membangun Indonesia sebagai negara-bangsa.
Di SDN Puger Kulon 01 Jember memiliki keragaman ras, suku, dan budaya. Oleh karena itu hal ini menjadi sangat menarik untuk diteliti, karena dengan adanya multikulturalisme ini, guru di SDN Puger Kulon 01 Jember memiliki strategi pembelajaran berupa strategi pembelajaran langsung (direct instruction), strategi pembelajaran interaktif (interactive intruction), strategi pembelajaran melalui pengalaman (experiential learning) dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme di SDN puger kulon 01 Jember.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural Pluralisme yang ditanamkan di SDN Puger Kulon 01 Jember? 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural Demokratis yang ditanamkan di SDN Puger Kulon 01 Jember? 3) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural
Humanisme yang ditanamkan di SDN Puger Kulon 01 Jember?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian fenomenologi. 2) Lokasi
penelitian. 3) Kehadiran peneliti. 4) Subyek penelitian: teknik purposive sampling. 5) Sumber data. 6) Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. 7) Analisis data melalui tiga langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. 8) Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 9) Tahapan-tahapan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme, guru menggunakan strategi pembelajaran langsung dan model pembelajaran Take And Give. 2) dalam menanamkan nilai-nilai demokratis, guru menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan model pembelajaran Problem Based Learning. 3) dalam menanamkan nilai-nilai humanisme, guru menggunakan strategi pembelajaran melalui pengalaman (experiential learning), dan Menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: man ahmad alfarizy
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:26
Last Modified: 11 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36289

Actions (login required)

View Item View Item