Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang

Sajiah, Konitatus (2024) Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
KONITATUS SAJIAH 203206030028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sajiah,Konitatus. 2024. Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. Dyah Nawangsari, M.Ag. Pembimbing II Dr. Rodliyah, M.Pd.

Kata Kunci: Penguatan Karakter, Budaya Literasi

Tatanan kehidupan di 4.0 ditandai dengan berkembang pesatnya teknologi di berbagai sektor kehidupan. Begitu banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh teknologi atau mesin-mesin buah dari kemajuan teknologi, kemajuan teknologi terus berkembang memasuki berbagai sendi kehidupan, baik dunia pekerjaan, industri dan pendidikanMengacu pada hal ini pendidikan sekolah tentu diharapkan perannya dalam menghadapi era globalisasi yakni mencetak generasi-generasi penerus yang memiliki keahlian untuk mengikuti perkembangan zaman pun dengan dibekali oleh penguatan akan karakter terhadap peserta didik. Pembentukan karakter di sekolah dapat dilaksanakan dengan berbagai program, salah satunya dengan menanamkan budaya literasi membaca dan menulis kepada para peserta didik.
Fokus dalam penelitian: 1) Bagaimana Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Membaca di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang?, 2) Bagaimana Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Menulis di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang?
Tujuan Penelitian: 1) Menganalisis Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Membaca di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang, 2) Menganalisis Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Menulis di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatiroto Lumajang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan skunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman & Johnny Saldana yakni data condensation, data display dan drawing and verifying conclusions. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Hasil Penelitian: 1) Implementasi dari Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Membaca pada siswa dilaksanakan dalam kegiatan: a) GLS (Gerakan Literasi Sekolah), b) GSM (Gerakan Sekolah Mengaji) merupakan kegiatan dari dinas pendidikan kabupaten lumajang yang tujuannya yaitu agar siswa mempu membaca Al-quran sesuai dengan makhorijul hurufnya, Jumpa Ngabar (Jumat Pagi Ngaji Bareng) merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap hari jumat yang dipimpin oleh 3 siswa yang dipilih dari setiap kelas untuk piket. 2) Implementasi dari Penguatan Karakter Mandiri Melalui Budaya Literasi Menulis pada siswa dilaksanakan dalam kegiatan: a) KIR (karya ilmiyah remaja), b) Mading (Majalah dinding).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter Mandiri, Budaya Literasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200524 Comparative Literature Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200525 Literary Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200526 Stylistics and Textual Analysis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Konitatus Sajiah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:26
Last Modified: 10 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36304

Actions (login required)

View Item View Item