Pemberdayaan Baznas Melalui Program Sustainable Development Goals (Sdgs) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kecamatan Kalisat Jember

Handayani, Wiwin (2024) Pemberdayaan Baznas Melalui Program Sustainable Development Goals (Sdgs) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kecamatan Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WIWIN HANDAYANI_E20174002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat (Community empowerment) adalah membantu klien (pihak yang dberdayakan), yakni kaum fakir dan miskin (dhuafa) agar mereka memperoleh daya dalam mengambil keputusan dan menentukan tindakan yang akan ia lakukan untuk perbaikan hidup mereka, termasuk mengurangi efek hambatan pribadi dan sosial melalui peningkatan daya kesejahteraan mereka. Untuk dapat membantu mereka keluar dari kubangan kemiskinan mereka, Kemudian baru dapat dirumuskan strategi dan program untuk membantu mereka.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus masalah yaitu: 1) Bagaimana pemberdayaan SDGs dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Kasengan Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? 2) Bagaimana dampak yang terjadi di Dusun Kasengan Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Jember setelah adanya usaha produktif yang disuplay oleh BAZNAS Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk pemberdayaan SDGs dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Kasengan Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Jember. 2) Mendeskripsikan dampak yang terjadi di Dusun Kasengan Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Jember setelah adanya usaha produktif yang disuplay usaha oleh BAZNAS Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian di BAZNAS Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trigulasi sumber, trigulasi teknik, trigulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan program SDGs di BAZNAS Jember ialah program pengembangan kampung SDGs . Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyaraka dan manfaat untuk pemberdayaan masyarakat di Dusun Kasengan Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Dengan deskripsi program diantaranya untuk menghapus tingkat kemiskinan di kanpung SDGs dengan pemberdayaan ekonomi. Adapun untuk sumber dana BAZNAS ialah berasal dari zakat ASN dan APBD, dengan kemitran bersama JRDC dalam melaksanakan penyusunan program kampung SDGs. Namun, pemberdayaan tersebut tetap fokus pada dasar kegiatan BAZNAS yaitu di bidang ekonomi. 2) Kendala-kendala program dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang di ada dibaan BAZNAS Kabupaten Jember, a. kurangnya koordinasi, b. Keterbatasan sumber dana, dan c. Keterbatasan SDM yang memadai. 3) Solusi BAZNAS Kabupaten Jember dalam mengtasi kendala meningkatkan perekonomian masyarakat dalam program SDGs adalah sebagai berikut: a. Membentuk koordinasi yang baik, b. memaksimalkan penghimpunan, dan c. merekrut relawan kemanusiaan bersinergi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Wiwin Handayani
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:54
Last Modified: 12 Jul 2024 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36458

Actions (login required)

View Item View Item