Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Al-Muttaqin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Amalia, Izzatul (2024) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Al-Muttaqin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW Skripsi Fix Izza-2 (1) (1)_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Izzatul Amalia, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Al-Muttaqin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci :Pengaruh, Kartu Kuartet, Hasil Belajar, IPS
Kartu kuartet merupakan sejenis permainan yang terdiri atas beberapa jumlah kartu bergambar yang dari kartu tersebut tertera keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut. Permainan kartu kuartet bersifat kompetitif dan menarik, sehingga sesuai dengan tipe belajar siswa sekolah dasar yang masih dalam usia anak-anak, yaitu belajar selayaknya bermain. Anak-anak dapat memainkan kartu kuartet di segala tempat dan di setiap waktu dengan permainan yang menarik namun memuat materi pembelajaran.
Tujuan penelitianiniyaituuntuk mengetahui pengaruh media kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Al-Muttaqin Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII di SMP Al-Muttaqin Patrang Jemberdenganjumlahsampel60 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan instrumentestulisdalambentukpilihanganda 20 butir. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang meliputiuji normalitas dan uji homogenitas. Uji Hipotesis yang meliputiuji Z dan uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Al-Muttaqin Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan dalam perhitungan statistik menggunakan uji Z. Diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kuartet terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 57,83 dan 80,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss IZZATUL AMALIA
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:15
Last Modified: 15 Jul 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36546

Actions (login required)

View Item View Item