PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 CUACA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN GARAHAN JEMBER

Inayati, Anillahi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 CUACA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN GARAHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANILLAHI INAYATI_T20194152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Anillahi Inayati, 2023: Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran
Tematik Tema 5 Cuaca Kelas III Madarash Ibtidaiyah Al-Amin Garahan
Jember.
Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Scrapbook.
Penelitian ini dilatarbelakangi pada media pembelajaran, dimana media
pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses
pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III MI Al-Amin
Garahan diperoleh informasi bahwa penggunaan media masih perlu dilakukan
adanya pengembangan, dikarenakan penggunaannya masih kurang maksimal
dikarenakan penggunaanya masih berfokus pada metode ceramah. Oleh karena
itu, diperlukan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan pengajaran
sehingga pembelajaran efektif. Salah satu media pembelajaran yang dapat
diterapkan untuk pembelajaran adalah media Scrapbook.
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana
pengembangan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik Tema
5 cuaca kelas III MI Al-Amin Garahan?; (2) Bagaimana kelayakan penggunaan
media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik Tema 5 cuaca kelas
III MI Al-Amin Garahan?. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain:
(1) Untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan untuk digunakan sebagai pembelajaran tematik
Tema 5 di kelas III MI Al-Amin Garahan; (2) Untuk menguji dan menilai
kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan pada pembelajaran
tematik Tema 5 di kelas III MI Al-Amin Garahan..
Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran Tematik Tema 5
Cuaca Kelas III MI Al-Amin Garahan Jember menggunakan penelitian Research
and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Dick and
Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap antara lain: analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan
(1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah Scrapbook
yang didalamnya memuat materi Tema 5 “Cuaca”, yang di awali dengan cover
dan dilanjut dengan lembaran yang berisi materi pembelajaran.; (2) Kelayakan
media scrapbook dalam pembelajaran Tematik Tema 5 Cuaca diketahui setelah
dilakukan uji validasi. Uji validasi dilakukan oleh 3 validator yaitu validasi
media, validasi materi, dan validasi pembelajaran. Rata-rata hasil presentase
validasi oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 95% yang artinya media
scrapbook dikategorikan sangat valid atau layak digunakan. (3) Keefektifan
Media scrapbook pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Cuaca di Kelas III MI
Al-Amin Garahan Jember diketahui dari angket respon peserta didik terhadap
media . media scrapbook menunjukkan persentase rata-rata 82,8% yang artinya
media scrapbook dikategorikan memenuhi aspek kemenarikan dan layak
digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Anillahi Inayati
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:14
Last Modified: 24 Jul 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36658

Actions (login required)

View Item View Item