Mufidah, Siti Wardatul (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS LAMAN BOOKCREATOR.COM PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 060 PGMI 2024)
SITI WARDATUL MUFIDAH-202101040033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
E-Modul interaktif merupakan sebuah format buku elektronik yang
memiliki fitur-fitur interaktif seperti gambar, audio, serta kuis atau aktivitas
belajar yang memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi aktif dalam proses
membaca dan belajar. Dalam perancangan E-Modul interaktif berbasis laman
Bookcreator.com. Bookcreator.com merupakan Bookcreator.com adalah aplikasi
online yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran bagi pendidik.
Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menyusun e-book dan modul
pembelajaran interaktif.
Peneliti ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan kevalidan Pengembangan E
Modul Interaktif Berbasis Laman Bookcreator.com Pada Pembelajaran IPAS
Kelas IV Di MIN 6 Jember Tahun 2023/2024. 2) Mendeskripsikan kepraktisan
Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Laman Bookcreator.com Pada
Pembelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 6 Jember Tahun 2023/2024. 3)
Mendeskripsikan keefektifan Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Laman
Bookcreator.com Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 6 Jember Tahun
2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).
Instrument yang digunakan mencakup pedoman wawancara, lembar angket, pre
test dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan media pembelajaran E
Modul interaktif ini yang telah diuji oleh 4 validator memperoleh nilai rata-rata
sebesar 92% dengan kategori ―sangat valid‖ untuk dijadikan media pembelajaran.
2) Kepraktisan media pembelajaran dari respon peserta didik sebesar 91,5% dari
seluruh aspek yang dinilai dengan kategori ―sangat praktis‖. 3) Tingkat
keefektifan E-Modul interaktif berbasis laman Bookcreator.com diketahui
berdasarkan N-Gain Score sebesar 90,08% dengan kategori ―sangat efektif‖
dijadikan media pembelajaran untuk membantu guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Wardatul Mufidah |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36800 |
Actions (login required)
View Item |