PROSES BERPIKIR PSEUDO SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Nurmaela, Asri Ika (2024) PROSES BERPIKIR PSEUDO SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 062 PGMI 2024)
TA Jurnal Watermark_Asri Ika Nurmaela_202101040038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Berpikir pseudo terjadi ketika siswa menyakini sesuatu itu benar atau salah padahal tidak sepenuhnya benar atau salah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses berpikir pseudo
siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Data yang diperoleh
menggunakan instrumen angket gaya belajar, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa 1) siswa yang bergaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika
lebih kepada mengingat dari apa yang pernah dilihatnya, seperti melihat dari buku dan papan tulis,
siswa visual mengalami pseudo benar dan pseudo salah, 2) siswa dengan gaya belajar auditori
dalam memecahkan masalah matematika lebih kepada mengingat dari apa yang didengarnya,seperti mendengarkan penjelasan dari guru, siswa auditori mengalami pseudo salah, 3) siswa
bergaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika lebih kepada mengingat dari
contoh orang lalu dipraktekkan dan mengingat cara mengerjakan sebelumnya, siswa kinestetik
mengalami pseudo salah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Pseudo, Memecahkan Masalah Matematika, Gaya Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asri Ika Nurmaela
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:57
Last Modified: 21 Oct 2024 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36814

Actions (login required)

View Item View Item