PEMBELAJARAN KITAB BIDA<YAH AL MUJTAHID WA NIHA<YAH AL MUQTAS{ID PADA SANTRI KELAS 5 DAN 6 KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH AN-NUR KHUMAIROH AJUNG JEMBER

pangestu, Robbi Cahyo (2024) PEMBELAJARAN KITAB BIDA<YAH AL MUJTAHID WA NIHA<YAH AL MUQTAS{ID PADA SANTRI KELAS 5 DAN 6 KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH AN-NUR KHUMAIROH AJUNG JEMBER. Masters thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
ROBBI CAHYO PANGESTU- Watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pangestu, Robbi Cahyo, 2024. Pembelajaran Kitab Bida>yah Al Mujtahid Wa Niha>yah Al Muqtas}id Pada Santri Kelas 5 dan 6 KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairoh Ajung Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Univesitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abdul Mu’is, S.Ag, M.Si. Pembimbing II: Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I

Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Bidayat Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id, Santri, Metode pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Dalam seluruh kegiatan mengajar komponen strategi metode mempunyai peranan sangat penting, tanpa strategi yang tepat seluruh proses dan pemahaman belajar kurang berhasil. Jadi strategi mengajar yang baik dan tepat sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Maka dengan diterapkannya strategi pembelajaran yang tepat dan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran kitab yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairoh Ajung Jember santri santri mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dan kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran pada Kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id, siswa dapat mengikuti proses pembelajarannya dengan baik.
Fokus pada Penelitian ini: 1). Bagaimana metode pembelajaran pada kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id 2). Bagaimana strategi pemebelajaran pada kitab Bidayah Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}idpada santri kelas 5 dan 6 Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairah ajung Jember
Tujuan penelitian ini: 1). Menganalisis Metode Pembelajaran pada kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id 2). Menganalisis Strategi Pembelajaran pada kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id pada santri kelas 5 dan 6 Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairoh Ajung Jember
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif model analisis kualitatif interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana (kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data dengan triangulasi tekhnik dan sumber
Hasil penelitian ini yaitu 1) metode pembelajaran pada kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. 2) strategi pembelajaran pada kitab Bida>yah al Mujtahid Wa Niha>yah al Muqtas}id mengunakan strategi pembelajaran Ekspositori dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Barokah An-Nur Khumairoh Ajung Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ROBBI CAHYO PANGESTU
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:38
Last Modified: 06 Nov 2024 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36902

Actions (login required)

View Item View Item