Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020.

MULAJIMATUL, FITRIA (2020) Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
MULAJIMATULFITRIA_0849317038.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mulajimatul Fitria, 2020. Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mashudi, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Moh. Sutomo, M. Pd. Kata Kunci: Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual, Pendidikan Agama Islam. Penelitian kualitatif ini mencoba untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut: (1) Bagaimana perencanaan pemilihan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; (3) Bagaimana evaluasi media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; Dalam mencapai tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu manusia/orang dan bukan manusia, sumber data manusia berfungsi sebagai subjek atau informan kunci (key informants). Sedangkan sumber data bukan manusia berupa dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan: (1) Observasi; (2) Wawancara (Interview); dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Menggunakan tiga langkah, yaitu; data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing atau verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasilnya adalah sebagai berikut: Pertama, melibatkan unsur waka kurikulum dan guru yang bersangkutan, penyusunan kurikulum, dan membuat perencanaan kegiatan pembelajaran. Kedua, penggunaan media pembelajaran guru harus menyesuaikan antara materi dengan media yang digunakan, guru memilih multimedia diskret dan kontinyu yang sesuai dengan materi atau tema yang akan diajarkan, dan multimedia diskret dan yang terakhir guru membuat RPP. Ketiga, evaluasi media pembelajaran diantaranya pada aspek pembelajaran menekankan pada pembentukan dan pembinaan budi pekerti dan akhlak mulia, kurikulum yang ada dikembangkan dengan menyesuaikan pada keadaan peserta didik, masukan dan saran yang diterima oleh pihak sekolah, dukungan pihak terkait seperti guru, memberikan motivasi tersendiri kepada peserta didik, lembar observasi bentuk daftar cek (check list) untuk evaluasi kemampuan berinteraksi dalam kegiatan siswa dan lembar evaluasi antar teman (peer assessment) terhadap kemampuan berinteraksi dalam kegiatan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:55
Last Modified: 18 Mar 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item