Analisis Rantai Distribusi Produk Konsentrat Dalam Memperluas Penetrasi Pasar Pada UD Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember

Hasan, Rafi'i Akbar (2024) Analisis Rantai Distribusi Produk Konsentrat Dalam Memperluas Penetrasi Pasar Pada UD Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_RAFII AKBAR HASAN_E20192158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Rafi’i Akbar Hasan, Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I., 2024: Analisis Rantai Distribusi Produk Konsentrat Dalam Memperluas Penetrasi Pasar Pada UD. Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember.

Kata Kunci : Rantai Distribusi; Penetrasi Pasar; Produk Konsentrat

Rantai distribusi memungkinkan perusaahan untuk menjangkau konsumen dengan lebih efektif melalui pengelolaan saluran distribusi yang efisien. Dengan mengoptimalkan setiap tahapan dalam rantai distribusi pada perusahaan, dapat mempercepat respon terhadap perubahaan pasar serta dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini, dapat mendukung pertumbuhan dan keberhasilan strategi dalam memperluas penetrasi pasar perusahaan.
Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana model rantai distribusi dalam proses pendistribusian produk konsentrat dari UD. Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember ke tangan konsumen? 2) Bagaimana implikasi model rantai distribusi dalam memperluas penetrasi pasar pada UD. Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis model rantai distribusi produk konsentrat pada UD Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember. 2) Untuk menganalisis implikasi dari model rantai distribusi dalam memperluas penetrasi pasar pada UD Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang diterapkan dalam penelitian ini, divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, model rantai distribusi yang diterapkan pada proses pendistribusian produk konsentrat dari UD. Mitra Unggas PS Langon Ambulu Jember hingga ke tangan konsumen, menggunakan tiga model saluran distribusi, diantaranya: 1) distribusi langsung, 2) distribusi melalui pengecer, dan 3) distribusi melalui agen. Dari ketiga saluran distribusi yang diterapkan, saluran distribusi langsung menjadi saluran utama dalam mendistribusikan produk konsentrat di UD. Mitra Unggas PS, yakni produk langsung didistribusikan dari produsen kepada konsumen akhir tanpa adanya perantara lain. Kedua, Implikasi dari tiga model saluran distribusi pada UD. Mitra Unggas PS dinilai telah efektif dan efisien dalam memperluas penetrasi pasar. Pendekatan ini dirancang untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas dan memaksimalkan cakupan geografis penjualan. Meskipun model distribusi yang diterapkan cukup efektif dalam menarik konsumen baru, namun terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti keterlambatan pengiriman dan pesanan yang tertinggal. Meskipun demikian, jangkauan pengiriman yang luas dan jumlah pelanggan yang terus meningkat menunjukkan adanya kemajuan signifikan bagi UD. Mitra Unggas PS dalam memperluas penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140217 Transport Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150309 Logistics and Supply Chain Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150703 Road Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Rafi'i Akbar Hasan
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:24
Last Modified: 02 Dec 2024 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37255

Actions (login required)

View Item View Item