Vi’aunillah Nelta, Jaya (2021) Pengembangan Handout Digital Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Sistem Pencernaan untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Vi’aunillah Nelta Jaya_T20178096.pdf Download (2MB) |
Abstract
Vi’aunillah Nelta Jaya, 2021: Pengembangan Handout Digital Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Sistem Pencernaan untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2020/2021 Kata Kunci : handout digital, 3D pageflip professional, sistem pencernaan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan materi pelajaran dari guru kepada siswa baik berupa media cetak, grafik, animasi, audio, dan audiovisual dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk guru dalam membantu kesulitan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Media pembelajaran menjadikan proses belajar lebih menarik dan interaktif serta mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah handout. Handout digital dapat dikategorikan media pembelajaran yang berbasis E-learning. E-learning merupakan konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana kevalidan handout digital menggunakan 3D pageflip professional pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember tahun ajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek validasi materi? 2). Bagaimana kevalidan pengembangan handout digital menggunakan 3D pageflip professional pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember tahun ajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek validasi media? Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan handout digital menggunakan 3D pageflip professional pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember tahun ajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek validasi materi. 2) Mendeskripsikan kevalidan pengembangan handout digital menggunakan 3D pageflip professional pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember tahun ajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek validasi media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini berpedoman pada model 4D yang telah dimodifikasi (Define, Design, Development). Pada tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis intruksional. Tahap design terdiri dari perumusan tujuan pembelajaran, penyajian materi, penyusunan design handout, dan perancangan instrumen. Kemudian tahap development dengan uji validasi oleh para ahli. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development karena keterbatasan waktu, biaya dan situasi serta kondisi covid19 yang tidak memungkin untuk melaksanakan tahap dissemination. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obsrevasi, dan angket secara online. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil validasi, menunjukkan persentase penilaian validator ahli materi sebesar 84,97% dengan kategori valid dan persentase penilaian validator ahli media sebesar 95,93% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian handout digital menggunakan 3D Pageflip Professional adalah valid ditinjau dari aspek validasi materi dan sangat valid ditinjau dari aspek validasi media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 06:58 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3756 |
Actions (login required)
View Item |