Abdulloh Mahfud, nauval (2024) PERSEPSI GURU PAMONG DAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TADRIS BIOLOGI UIN KHAS JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
NEW SKRIPSI 1.pdf Download (11MB) |
Abstract
Nauval Abdulloh Mahfud, 2024: Persepsi Guru Pamong Dan Siswa Terhadap
Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
Tadris Biologi UIN KHAS Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa PLP, Tadris Biologi
Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, di mana mereka harus
memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai untuk mendidik dengan efektif.
Namun, sistem pendidikan menghadapi berbagai masalah baik makro maupun
mikro, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan infrastruktur, yang
memengaruhi proses pembelajaran. Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember, melalui program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), bertujuan
mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional dengan keterampilan
mengajar yang memadai.
Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Persepsi
Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pengenalan Lapangan
Persekolahan (PLP) Tadris Biologi UIN KHAS Jember Tahun Ajaran 2023/2024?
Dan 2) Bagaimanakah Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar
Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tadris Biologi UIN KHAS
Jember Tahun Ajaran 2023/2024?
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan pengumpulan
data menggunakan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Persepsi guru
pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PLP berada pada kategori baik
dengan persentase nilai 84,00 yang diproleh dari hasil rata-rata angket. Dengan
indikator tertinggi pada kemampuan mengajar mahasiswa PPL dalam menutup
pelajaran berada pada kategori baik dengan persentase nilai 90,00%. Sedangkan
indikator terendah pada indikator kemampuan dalam memberikan penguatan
berada pada kategori baik dengan persentase nilai 75,00%. Sedangkan Persepsi
guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PLP berada pada kategori
cukup dengan persentase nilai 72,88% yang diproleh dari hasil rata-rata observasi.
Dengan indikator tertinggi pada kemampuan mengajar mahasiswa PPL dalam
memberi pertanyaan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai
80,02%. Sedangkan indikator terendah pada indikator kemampuan menutup
pelajaran berada pada kategori kurang dengan persentase nilai 61,05%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nauval Abdulloh Mahfud |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38748 |
Actions (login required)
View Item |