Safitri, Maulida (2024) Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe _Make A Match_ Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII A SMP Negeri 3 Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Maulida Safitri_T20199079.pdf Download (5MB) |
Abstract
Maulida Safitri, 2024: Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada
Pembelajaran IPS Kelas VIII A SMP Negeri 3 Situbondo Tahun Pelajaran
2023/2024.
Kata kunci: Keterampilan sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A
Match, Pembelajaran IPS.
Rendahnya keterampilan sosial pada seorang anak dapat menyebabkan
kesulitan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar, hal ini akan
ditunjukkan dengan perilaku yang pada umumnya cenderung anti sosial, lebih suka
melakukan aktivitas seorang diri, lebih suka berinteraksi dengan teman dekatnya
saja dan kurang suka kegiatan berkelompok. Model pembelajaran termasuk salah
satu cara untuk dapat meningkatkan keterampilan sosial, namun model
pembelajaran yang digunakan oleh guru masih tergolong monoton sehingga
diperlukan sebuah model pembelajaran yang dianggap efektif dalam mewujudkan
tujuan tersebut seperti kooperatif tipe make a match.
Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah apakah dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan
keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII A di SMP Negeri 3
Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
keterampilan sosial siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match pada pembelajaran IPS kelas VIII A SMP Negeri 3 Situbondo tahun
pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis Stephen
Kemmis dan Robin Mc Taggart pelaksanaan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4
tahap kegiatan yakni perencanaan (Planning), Tindakan (acting), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan
Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kualitatif. Kemudian keabsahan data menggunakan bahan referensi, member check,
dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make
a match dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS
kelas VIII A SMP Negeri 3 Situbondo tahun pelajaran 2023/2024. Keterampilan
sosial siswa pada siklus I mencapai 55%. Sedangkan keterampilan sosial siswa
pada siklus II mencapai 80%. Pada siklus I dapat dilihat berdasarkan tabel
ketuntasan belajar siswa mencapai 41.93%, dan pada siklus II mengalami
peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 96.77%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Miss Maulida Safitri |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38795 |
Actions (login required)
View Item |