PENGARUH HARGA, LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Suduri, Nabilah (2024) PENGARUH HARGA, LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nabilah.pdf

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK
Nabilah, 2024: Pengaruh Harga, Live Streaming Dan Online Customer Review
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di E-Commerce Shopee
(Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) UIN
Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Kata Kunci: Harga, Live Streaming, Online Customer Review, Keputusan
Pembelian.
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah mempermudah
transaksi bisnis online, dengan e-commerce seperti Shopee menjadi pilihan utama.
Shopee unggul dalam jumlah kunjungan dan menawarkan fitur-fitur seperti harga,
live streaming, dan online customer review yang mempengaruhi keputusan
pembelian. Fitur-fitur ini memberikan keuntungan berupa efisiensi waktu, promosi
menarik, dan informasi produk yang lengkap bagi konsumen.
Rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Apakah harga secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di
e-commerce shopee pada mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS Jember. 2) Apakah live
streaming secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian produk fashion di e-commerce shopee pada mahasiswa S1 FEBI UIN
KHAS Jember. 3) Apakah online customer review secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di e-commerce shopee
pada mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS Jember. 4) Apakah harga, live streaming dan
online customer review secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian produk fashion di e-commerce shopee pada mahasiswa S1
FEBI UIN KHAS Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, live
streaming,dan online customer review secara parsial ataupun simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk fashion di e-commerce shopee pada
mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang
digunakan explanatory research, metode pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga didapat total sampel
100 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berupa G
form. Analisis data menggunakan SPSS 23 yang meliputi uji validitas, uji realibilitas,
uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Harga secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di e-commerce
shopee pada mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS Jember. 2) Live streaming secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk
fashion di e-commerce shopee pada mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS Jember. 3)
Online customer review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian produk fashion di e-commerce shopee pada mahasiswa S1
FEBI UIN KHAS Jember. 4) Harga, live streaming dan online customer review
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
produk fashion di e-commerce shopee pada mahasiswa S1 FEBI UIN KHAS JEMBER

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Nabilah Assuduri
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:24
Last Modified: 30 Dec 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38843

Actions (login required)

View Item View Item