Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur‟an Siswa di SDIT Harapan Ummat Jember

Asifah, Amaniah (2024) Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur‟an Siswa di SDIT Harapan Ummat Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asifah Amaniah_223206030017.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Asifah Amaniah, 2023: Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode
Wafa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur‟an Siswa di SDIT Harapan Ummat
Jember
Kata Kunci: Metode Wafa, Quantum Teaching, Meningkatkan Hafalan Siswa
Saat ini, kegiatan menghafal Al-Qur‟an menjadi populer di berbagai
lembaga pendidikan, termasuk di SDIT Harapan Ummat Jember. Sekolah ini
mengadopsi praktik menghafal Al-Qur‟an sebagai bagian dari pendidikannya.
Keberhasilan dalam menghafal Al-Qur‟an di SDIT Harapan Ummat Jember dapat
dicapai dengan efektif apabila diterapkan cara, metode, dan strategi yang sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan. Adanya perbedaan latar belakang siswa, baik
dari segi kemampuan maupun bimbingan orang tua, serta dampak yang signifikan
dari penggunaan media sosial, khususnya game online, pada anak-anak usia SD,
merupakan beberapa kendala dalam proses menghafal Al-Qur‟an.
Metode Wafa lahir sebagai bagian dari Upaya untuk mengembangkan
system pendidikan Al-Qur‟an yang lebih komprehensif serta penanaman rasa cinta
kepada Al-Qur‟an dan koteks pembelajarannya bertujuan untuk menanamkan
kedekatan terhadap Al-Qur‟an. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana
perencanaan perencanaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode
Wafa dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an siswa di SDIT Harapan Ummat
Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching
dengan metode Wafa dalam meningktakan hafalan Al-Qur‟an siswa di SDIT
Harapan Ummat Jember? (3) Bagaimana Evaluasi Pelaksanaan model
pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Wafa dalam meningkatkan
hafalan Al-Qur‟an siswa di SDIT Harapan Ummat Jember?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang
dilakukan di SDIT Harapan Ummat, di mana subjek penelitian terdiri dari Kepala
Sekolah, Guru Al-Qur'an, dan beberapa sampel siswa untuk setiap jenjang.
Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Proses analisis data melibatkan langkah-langkah seperti
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) kegiatan perencanaan dilakukan dengan
penyusunan RPP, Silabus, Prosem, Prota dan buku pendamping metode wafa. 2)
pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Waafa
meliputi 5P yakni Pembukaan,Pengalaman,Penanaman Materi,Penialain dan
Penutup. Dengan menggunakan strategi TANDUR yakni
Tanamkan,Alami,Namai,Demonstrasikan,Ulangi,dan Rayakan. Melalui strategi
TANDUR efektif meingkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. 3) Evaluasi
pembelajaran dengan metode wafa di SDIT Harapan Umat Jember menunjukkan
hasil positif dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur‟an siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Wafa, Quantum Teaching, Meningkatkan Hafalan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190199 Art Theory and Criticism not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Asifah Amaniah
Date Deposited: 03 Jan 2025 07:17
Last Modified: 03 Jan 2025 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39177

Actions (login required)

View Item View Item