Penerapan Strategi Pembelajaran Tree Stage Fishbowl Decision Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswi Kelas VIII A MTs Al Ishlah Jenggawah Tahun 2024/2025.

Fita, Risma Dina (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Tree Stage Fishbowl Decision Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswi Kelas VIII A MTs Al Ishlah Jenggawah Tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi 123.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Three Stage Fishbowl Decision, Hasil Belajar
Rendahnya hasil belajar IPS Kelas VIII A di MTs Al Ishlah Jenggawah, dimana peserta didik merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang ada, disebabkan adanya strategi pembelajaran yang cenderung satu arah tanpa didukung dengan media pendukung yang kurang, sehingga peserta didik pasif dalmm pembelajaran.
Permasalahan diatas apakah strategi pembelajaran three stage fishbowl decision dapat meningkatkakn hasil belajar siswi kelas VIII A Mts Al Ishlah Jenggawah Tahun 2024/2025. Seiring dengan permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran three stage fishbowl decision dalam meningkatkan hasil belajar sisiwi kelas VIII A Mts Al Ishlah Jenggawah tahun 2024/2025.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Rancangan Kemmis dan Mc Taggart ini mengacu kepada sejumlah siklus, masing-masing terdiri dari empat, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Aksi atau tindakan (acting), Observasi (0bserving), dan (4) Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan sebnayk 2 siklus dan 2 pertemuan disetiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: Observasi Tes dan Dokumen, sedangkan teknik analisis datanya berupa, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 31 siswi yang merupakan siswi kelas VIII A.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran three stage fishbowl decisison dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswi kelas VIII A MTs Al Ishlah jenggawah, dibuktikan dengan hasil belajar sebelum tindakan dengan rata-rata nilai 53, Siklus I didaptkan nilai rata-rata peserta didik sebesar 67 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 26%, dan siklus II didapat nilai rata-rata sebesar 87 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 94%. Maka, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran three stage fishbowl decision dapat meningkatkan hasil belajar siswij kelas VIII A MTs Al Ishlah Jenggawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Skripsi Risma Dina Fita
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:24
Last Modified: 08 Jan 2025 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39409

Actions (login required)

View Item View Item