PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PEMBERLAKUAN KEMBALI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SDN AJUNG 02 KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

AYU FADILA, 084111201 (2016) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PEMBERLAKUAN KEMBALI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SDN AJUNG 02 KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 abstrak.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 daftar isi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ayu Fadila, 2016:Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Pemberlakuan Kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran
2015/2016.

Perubahan kurikulum yang berskala nasional memang kadangkala mengundang sejumlah pertanyaan dan perdebatan, mengingat dampaknya yang sangat luas dalam dunia pendidikan, apalagi kalau perubahan itu dilakukan secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat. Seperti halnya Penerapan kurikulum 2013 yang masih tergolong awal sudah mendadak dilakukan pengevaluasian sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 160 tahun 2014, Sehingga membuat beberapa kalangan menjadi bingung terutama para pendidik dan siswa yang sudah menerapkan kurikulum 2013 kemudian harus kembali menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana persepsi guru PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi perencanaan pembelajaran Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016?(2) Bagaimana persepsi guru
PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi pelaksanaan pembelajaran Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016? (3) Bagaimana persepsi guru PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi evaluasi pembelajaran Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016?
Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut(1) Untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi perencanaan pembelajaran Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016 (2) Untuk mendeskripsikan
persepsi guru PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi pelaksanaan pembelajaran Di SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016 (3) Untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI tentang pemberlakuan kembali KTSP dari segi evaluasi pembelajaran Di
SDN Ajung 02 Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016.
Metode penelitian yang digunakanialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga carayaitu reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini ialah1) Persepsi Guru PAI sangat baik terhadap pemberlakuan kembali KTSP dari segi perencanaan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. 2) Guru PAI persepsinya sangat baik dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan KTSP, mulai dari pelaksanaan Pre test, pengembangan materi dan Post test sudah sesuai dengan ketentuan KTSP. 3)Guru PAI persepsinya sangat baik terhadap evaluasi pembelajaran menggunakan KTSP berdasarkan pelaksanaan ulangan harian, tugas, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:03
Last Modified: 13 Sep 2017 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item