OPTIMALISASI DAYA SAING MELALUI AKUNTANSI MANAJEMAN DAN RELATIONSHIP MARKETING PADA ZAHRA BAKERY DESA GEBANG KECAMATAN PATRANG

Rahmawati, Anisah Dwi (2025) OPTIMALISASI DAYA SAING MELALUI AKUNTANSI MANAJEMAN DAN RELATIONSHIP MARKETING PADA ZAHRA BAKERY DESA GEBANG KECAMATAN PATRANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 30 AKSYA 2025)
Anisah Dwi Rahmawati_212105030063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam suatu usaha atau bisnis diperlukan perkembangan dan kemajuan suatu usaha diantaranya akuntansi manajemen dan relationship marketing merupakan kunci utama dalam mempertahankan pesaingan usaha. Akuntansi manajemen dapat membantu dalam perencanaan, pengendalian, hingga pengambilan keputusan untuk prediksi usaha kedepannya sedangkan relationship marketing dapat membantu dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan pelangga. Untuk menganalisis peran akuntansi manajemen dan strategi relationship marketing dalam meningkatkan daya saing Zahra Bakery, sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pembuatan roti.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses akuntansi manajemen pada zahra bakery dalam optimalisasi daya saing ? 2) Bagaimana strategi relationship marketing pada Zahra bakery dalam optimalisasi daya saing?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses akuntansi manajemen pada Zahra bakery dalam optimalisasi daya saing. 2) Untuk mengetahui strategi relationship marketing pada Zahra bakery dalam optimalisasi daya saing.
Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Akuntansi manajemen pada Zahra bakery dikatakan belum optimal dikarenakan pengambilan keputusan yang kurang maksimal yaitu laporan keuangan yang lambat dan tidak terlalu akurat sehingga perencanaann dan pengendalian yang tidak berjalan secara efektif. 2) Strategi relationship marketing yang diterapkan oleh Zahra bakery sudah baik dapat dilihat hubungan yang kuat dengan pelanggan, loyalitas pemilik dan timbal balik antara keduanya. Meskipun demikian Zahra bakery perlu memperbaiki kualitas produk untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Anisah Dwi Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:51
Last Modified: 23 Jul 2025 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40138

Actions (login required)

View Item View Item