Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) dan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Terhadap Moderasi Beragama Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Rahayu, Suci Nur (2025) Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) dan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Terhadap Moderasi Beragama Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Nur Rahayu_233206030010.pdf

Download (47MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya paham-paham radikal yang dengan mudahnya mempengaruhi generasi bangsa melalui pendidikan formal menjadi isu yang menarik untuk diteliti dan penting untuk segera dicari solusinya. Serta memastikan bahwa Pendidikan di Indonesia tidak hanya fokus pada sisi kognitif namun juga berupaya untuk mendidik sisi afektif siswa yaitu melalui progam P5P2RA dan pembiasaan kegiatan keagamaan. Sisi afektif yang dididik dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan nilai-nilai dasar Islam yang damai dapat menangkal paham radikal dan menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam diri peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris beberapa variabel yang telah ditumuskan sebagaimana berikut: Bagaimana P5P2RA di MTsN 1 Jember?; Bagaimana pembiasaan kegiatan keagamaan di MTsN 1 Jember?; Bagaimana Moderasi Beragama siswa di MTsN 1 Jember?; Adakah pengaruh P5P2RA secara parsial terhadap moderasi beragama?; Adakah pengaruh pembiasan kegiatan keagamaan secara parsial terhadap moderasi beragama?; Adakah pengaruh P5P2RA dan pelaksanaan pembiasaan keagamaan secara simultan terhadap moderasi beragama?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, kajian dokumen dan wawancara. Analisis data yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, uji prasyarat, uji hipotesis dan uji koefisien determinan (R^2). Seluruh uji dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: P5P2RA siswa di MTsN 1 Jember dengan kategori sangat baik, Pembiasaan kegiatan keagamaan siswa di MTsN 1 Jember dengan kategori sangat baik, Moderasi beragama siswa di MTsN 1 Jember dengan kategori sangat baik, P5P2RA secara parsial berpengaruh terhadap moderasi beragama, Pembiasan kegiatan keagamaan secara parsial berpengaruh terhadap moderasi beragama, P5P2RA dan pembiasaan kegiatan keagamaan secara simultan berpengaruh terhadap moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Suci Nur Rahayu
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:57
Last Modified: 20 Mar 2025 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40157

Actions (login required)

View Item View Item