ulin nuha, zulfa (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI MIPA SMA BIMA Ambulu Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ZULFA ULIN NUHA_212101080001.pdf Download (12MB) |
Abstract
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Alat Peraga.
Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Sedangkan sistem peredaran darah manusia membutuhkan sebuah model yang tepat karena sifat materi yang abstrak dan rumit. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan penerapan Model pembelajaran problem based learning berbantuan media alat peraga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI MIPA SMA BIMA Ambulu Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Bentuk penelitian berupa Noniquivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Populasi sampel yaitu siswa kelas XI MIPA 2 terdiri dari 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa (1) observasi (2) dokumentasi (3) tes berupa pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan shapiro wilk, dan uji Mann Whitney U-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen diperoleh jumlah siswa sebanyak 36% dalam kategori sangat tinggi, 42% tinggi, 21% sedang, 0% rendah dan sangat rendah. Sedangkan kelas kontrol jumlah siswa dengan hasil belajar sangat tinggi sebanyak 0%, 3% tinggi, 84% sedang, 13% rendah, dan 0% sangat rendah. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,79 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 67,52 jadi kelas eksperimen. Terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan media alat peraga terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI MIPA SMA BIMA Ambulu yaitu berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test pada hasil posttest diperoleh nilai Sig. two tail sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | zulfa ulin nuha |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:26 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 06:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |